LKKES Adakan Pengabdian Masyarakat

TINGKATKAN KOMPETENSI PELAKU USAHA KECIL

melalui Sikap dan Pengetahuan,

LKKES ADAKAN KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT

 

Bukittinggi – Sebagai wujud nyata dari komitmen segenap pimpinan FEBI IAIN Bukittinggi untuk berperan lebih luas dalam pengembangan sumberdaya manusia Indonesia, dimana sesuai dengan tuntutan jaman peran lembaga pendidikan tidak hanya terbatas pada tataran akademik. FEBI melalui Lembaga Kajian dan Konsultasi Ekonomi Syariah (LKKES) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat untuk pengembangan kompetensi sumberdaya manusia khususnya usaha kecil.

Menindaklanjuti hal itu, LKKES melakukan kegiatan pengabdian dengan pelaku usaha kecil di Kota Solok. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk langkah awal dalam membentuk sikap dan pengetahuan pelaku usaha kecil, sehingga pada akhirnya dapat menghasilkan output yang memiliki sikap dan pengetahuan kewirausahaan yang islami.

“Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan pengabdian ini dapat menambah luas tatanan aplikatif untuk menciptakan sumberdaya manusia yang tidak saja kaya ilmu, tetapi juga memiliki kemampuan praktis dan aplikatif serta kompetensi yang berbasis pada standar kompetensi yang dipersyaratkan dalam dunia kerja,” ujar Ketua LKKES, Era Sonita, SE.,M.Si.

Era menambahkan, sasaran yang dikembangkan dari kegiatan pengabdian LKKES tidak hanya bagi masyarakat pelaku usaha kecil, tetapi juga diarahkan bagi para alumni baik yang sudah bekerja dan berusaha atau yang masih mencari pekerjaan.Selain itu, ditujukan bagi masyarakat luas baik dalam status sebagai pencari kerja maupun para pekerja dari berbagai usaha dan keahlian yang ingin meningkatkan kompetensi serta mendapatkan pengakuan atas keahliannya.

“Proses kegiatan pengabdian tersebut akan dilakukan melalui penyelenggaraan pelatihan-pelatihan jangka pendek guna memberi tambahan kompetensi, sehingga mampu menumbuhkan sikap dan pengetahuan terhadap jiwa kewirausahaan,” imbuhnya.

Era berharap, melalui kegiatan ini dapat lahir dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak untuk bersama-sama meningkatkan kualitas dan pemberdayaan sumberdaya manusia yang kompeten melalui proses pendidikan, unggul, dan berdaya saing melalui kerjasama saling menguntungkan dengan Lembaga Kajian dan Konsultasi Ekonomi Syariah FEBI.

Hal ini didukung oleh Dekan FEBI, H. Harfandi, SE., M.Si., melalui LKKES ini diharapkan mampu membantu para mahasiswa maupun masyarakat untuk meningkatkan kompetensi dibidangnya. “Lembaga ini akan dijadikan sebagai wadah bagi konsumen dengan memberdayakan sumber daya yang memiliki kapasitas dan kompetensi yang  memadai dan optimal,” ungkapnya.

“Kami berharap kedepannya, tidak berhenti kepada nota kesepahaman namun ditindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan yang nyata untuk kepentingan kedua belah pihak agar sumber daya manusia Indonesia menjadi unggul dan kompetitif,” ujarnya.  

Harfandi pun berpesan kepada segenap komponen LKKES dan fakultas agar menjadikan kegiatan pengabdian ini untuk meningkatkan prestasi dan membangun citra FEBI di masyarakat dan mampu berkolaborasi dengan lembaga pemerintah dan swasta sehingga dapat menghasilkan sumber daya manusia yang unggul.

 

Hubungi Kami

Lantai II Gedung Rektorat Lama

Kampus II IAIN  Bukittinggi

Jln. Gurun Aur, Kubang Putih,

Banuhampu, Agam, Sumatera Barat

26181 - Indonesia

  • dummy  (0752) 33136, 34310

  • dummy (0752) 22875

  • dummy febi@iainbukittinggi.ac.id

Visitors Counter

11579
Hari IniHari Ini227
KemarinKemarin98
Minggu iniMinggu ini915
Bulan IniBulan Ini2660
All_DaysAll_Days11579

Search