1409 MAHASISWA BARU FEBI MENGIKUTI PBAK

Pengenalan Budaya akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa baru tentang apa dan bagaimana belajar di perguruan tinggi, agar mereka memiliki pedoman menjalani rutinitasnya sebagai mahasiswa. Pelaksanaan PBAK Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam merupakan bagian dari pelaksanaan PBAK IAIN Bukittinggi yang diikuti oleh 3178 orang mahasiswa barunya, yang dilangsungkan  semenjak hari minggu  tanggal 18 Agustus sampai hari Jumat 23 Agustus 2019, yang dibagi dua gelombang. Gelombang pertama jadwal untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dengan Fakultas Syariah, sedangkan gelombang ke dua Fakultas Tarbiyah dan Imu Keguruan (FTIK) dengan Fakultas Ushulludin, Adab dan Dakwah (FUAD).

PBAK tahun 2019 ini bertemakan “ Penguatan nilai-nilai karakter dalam membentuk generasi Islami, moderat dan berintegrtas “. Dengan materi materi :

  1. Profil IAIN Bukittinggi oleh Rektor. Dr. Ridha Ahida, M. Hum
  2. Moderasi Beragama oleh Dr. Novi Hendri, M.Ag
  3. Wawasan kebangsaan oleh Kodim 0304
  4. Bahaya dan pencegahan narkoba oleh Polres
  5. Entepreneurship dan Personality Training dari INDOTAMA
  6. Kode etik mahasiswa oleh Wail Rektor III. Dr. Miswardi, M.Hum
  7. Administrasi dan keuangan oleh Kabiro, Drs. H. Syahrul Wirda, MM.

Dr. Ridha Ahida, M.Hum. selaku rektor IAIN Bukittinggi, menegaskan kepada mahasiswa baru, “untuk serius mengikuti kegiatan ini, karena saudara-saudara semua adalah orang-orang yang terpilih dari puluhan ribu tamatan pondok pesantren, madrasah, sekolah menegah umum dan kejuruan yang berminat melanjutkan studinya di kampus kita ini. Tanpa keseriusan tidak ada yang akan di dapatkan, sehingga sia-sia waktu, tenaga saudara Selama beberapa hari ini. PBAK sekarang tidak ada praktek plonco-ploncoan, tidak akan ada kekerasan dari senior-senior saudara. Karena senior Saudara sebagai mentor adalah orang-orang yang terpilih juga, yang akan membimbing adik-adiknya selama proses PBAK ini“, ungkap rektor mengakhiri pengarahannya.

Dekan FEBI, Dr. Iiz Izmuddin, MA  menyambut gembira,  sebab  tahun sekarang jumlah mahasiswa baru FEBI mengalami peningkatan drastis mencapai angka 1409 dengan rincian sbb:

No Program Studi Jumlah
1 Akuntansi Syariah 164
2 Ekonomi Isam 326
3 Manajemen Bisnis Syariah 235
4 Manajemen Haji dan Umrah 119
5 Pariwisata Syariah 94
6 D.III Perbankan Syariah 23
7 S1 perbankan Syariah 369

Total

1409

Namun yang perlu dipersiapkan  secara matang adalah pembinaanya, baik dari sektor akademik, non akademik maupun sarana dan prasarananya. Jangan sampai mahasiswa kita yang datang dari berbagai daerah merasa kecewa dengan pelayanan  yang kita berikan.

Dra. Rusyaida M.Ag. selaku Wakil dekan II Bidang Perencanaan, sarana dan keuangan menyampaikan, “semua persiapan sarana/prasarana  menyangkut dengan bertambahnya jumlah mahasiswa FEBI sudah disampaikan ke pihak pimpinan institut, insyaAllah semuanya sudah memadai. Tinggal bagaimana kita mengaolasikan untuk memanfaatkannya“.

Selamat datang dan selamat bergabung dengan keluarga besar FEBI “, ungkapan singkat Dr. Hesi Eka Puteri, SE., M.SI selaku Wakil Dekan I, menanggapi dimulainya PBAK pertanda akan dimulai pula proses perkulihan bagi seluruh mahasiswa untuk tahun akademik 2019/2020, yang sudah ditetapkan dalam kalender akademik IAIN Bukittinggi yakni tgl 26 Agustus ini. (gb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *