Kuliah Tamu Program Studi Pariwisata Syariah

Meningkatkan pengetahuan dan wawasan dibidang Industri Pariwisata Syariah bagi mahasiswa, terkait dengan mata kuliah yang diperoleh mahasiswa semester V yaitu pada mata kuliah Investasi Pariwisata Syariah, maka Ketua Program Studi Pariwisata Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) yaitu Bapak Amsah Hendri Doni, SE., ME melakukan kegiatan Kuliah Tamu dengan mengangkat Topik “Investasi Halal Tourism Berkelanjutan dalam menghadapi Daya Saing pada Era Industri 4.0”. Kegiatan Kuliah Tamu ini dilakukan pada hari rabu 9 Oktober 2019 pukul 08.00 s/d 12.00 WIB di ruang Aula lt. III Gedung Madinah Kampus II IAIN Bukittinggi. Dimana Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) yaitu Bapak Dr. Iiz Izmuddin, MA, beliau menjelaskan bahwa kegiatan kuliah tamu ini sangat penting sekali bagi mahasiswa karena akan memperoleh isu-isu terkini terkait dengan Industri Pariwisata Syariah sendiri dan menambah wawasan, seta keterampilan apa yang dibutuhkan oleh Dunia lapangan kerja khususnya pada Industri Pariwisata Syariah tersebut. 

Kegiatan kuliah tamu kali ini, mengundang Narasumber Ketua DPD GIPI SUMBAR yaitu Bapak Joni Mardianto, SS., M.Par, Beliau Praktisi yang sudah lama bergelut dalam Industri Pariwisata. Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) merupakan salah satu jembatan yang mensinergikan semua elemen Pentahelix yaitu pihak pemerintah, Akademisi,  Pelaku Bisnis, Media dan Komunitas agar dapat mengembangkan dan mensukseskan secara bersama-sama Industri Pariwisata berbasis Syariah salah satunya adalah di Provinsi Sumatera Barat. Ungkap Joni dalam pemaparan Materinya. 

Sedangkan Narasumber Selanjutnya General Manager Royal Denai Group Hotel Bapak Syafroni Falian, S.ST. Par mengungkapkan bahwa Investasi Pariwisata Syariah juga bisa dikembangkan oleh mahasiswa di bidang Perhotelan Syariah, untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sebelum masuk ke dalam Industri baik itu untuk Industri kerja di Dalam Negeri maupun di Luar Negeri maka mahasiswa perlu memiliki Skill khusus dan bersertifikat Kompetensi sehingga Program Studi bisa menghasilkan lulusan yang berdaya saing unggul.

Fakultas tidak hanya melakukan kegiatan kuliah tamu saja, tetapi juga Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Bukittinggi yaitu Bapak Gusril Basir, SH., M.Hum melakukan kegiatan MoU dengan kedua lembaga tersebut yaitu Lembaga Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sumbar dan Royal Denai Group Hotel, Ungkap Bapak Wakil Dekan III FEBI dengan adanya MoU ini akan memperkuat hubungan dan terjalinnya kerjasama dari pihak Fakultas dan Program Studi serta memperluas jaringan sehingga Program Studi Pariwisata Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Bukittinggi kedepannya bisa menjadi Program Studi yang Unggul pada tingkat Nasional bahkan sampai ke tingkat Internasional. (AHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *