TIM AHLI PENYUSUNAN RANCANGAN PERATURAN NAGARI DESTINASI SAJUTA JANJANG DAN LERENG SINGGALANG

     IAIN Bukittinggi digandeng sebagai tim ahli penyusunan dokumen regulasi dan tourism development concept untuk “Destinasi sajuta janjang dan lereng singgalang.

     Ada permohonan kerjasama dari kanagarian pakan sinayan untuk penyusunan regulasi wisata halal “Destinasi sajuta janjang dan lereng singgalang” yang merujuk pada filosofis adat basandi syarak syarak basandi kitabullah. Dokumen regulasi ini akan digunakan sebagai dokumen operasional pengelolaan Destinasi sajuta janjang dan lereng singgalang oleh pemerintah Kabupaten Agam.

     Permohonan ini di eksekusi oleh FEBI IAIN Bukittinggi dengan ketua tim Dr. Hesi Eka Puteri, SE. M.Si dan anggota tim dari prodi Pariwisata Syariah FEBI. Pada tanggal 18 maret 2020, permohonan ini ditindak lanjuti dengan melakukan audiensi di ruang rapat kanagarian pakan sinayan yang dihadiri oleh:
• tim dari FEBI
• bapak walinagari H. HS Dt kayo Nan Kuniang S.Ag
• Perangkat Nagari
• Tokoh Adat dan Tokoh masyarakat (Ketua BP4 WN, Ketua KAN, ketua Bamus, Ketua BUMNag, Ketua majelis adat, bundo kanduang, perwakilan kecamatan, urang rantau praktisi pariwisata dll)

     Kegiatan Jangka pendek (30 hari kerja) : “Penyusunan Dokumen naskah akademik, penyusunan peraturan nagari dan SOP pengunjung-pengelola-pedagang, untuk “Destinasi sajuta janjang dan lereng singgalang”

     Kegiatan jangka Panjang: penyusunan tourism development concept untuk wisata halal kab Agam dengan ikon wisata “Destinasi sajuta janjang dan lereng singgalang”

     Outcome : role model pola pengelolaan wisata halal, yang menggabungkan wisata alam. Religi, budaya, kuliner, edukatif di Sumatera Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *