HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI (HMPS) EKONOMI ISLAM MENGANGKAT ACARA SEMINAR ONLINE “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil (UMK) di Sumatera Barat, dan Kebijakan Pemerintah Untuk Mengatasinya “

     Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan dirinya, dalam hal ini soft skill yang berkaitan dengan keilmuan yang sedang digeluti di jurusan yang bersangkutan, disamping mempertajam kepekaannya terhadap situasi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Mahasiswa yg terhimpun dalam HMPS Ekonomi Islam, tetap mengangkat acara seminar di tengah badai CoviD-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah ditetapkan untuk Propinsi Sumatera Barat.

     Sonya Pareswari Ketua HMPS Ekonomi Islam, menyatakan bahwa seminar ini sebelum covid sudah diagendakan oleh HMPS untuk diangkatkan, namun dengan adanya musibah ini perlu penyesuaian baik thema maupun tehnis pelaksanaannya. Themanya dipertajam dengan adanya Covid-19. Virus ini sangat banyak dampaknya baik dari segi ekonomi, pedidikan serta aspek lainnya. Makanya kami tertarik untuk membahas dampak covid-19 ini terhadap Usaha Mikro Kecil yang ada di Sumatera Barat. Yang pelaksanaannya secara online melalui tehnis Whatshap Group (WAG).

     HMPS Studi Ekonomi Islam, mengangkatkan acara seminar online, guna menambah wawasan masyarakat terhadap Usaha Mikro Kecil (UMK) yang terkena langsung dengan wabah. Tentunya kebijakan ini di dasarkan kepada ekonomi islam. Seminar ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 30 April 2020 pukul 09.00-12.00 WIB. Peserta seminar online, terdiri dari mahasiswa Ekonomi Islam dan beberapa pihak lainnya di jajaran Pemerintahan Daerah baik Propinsi Maupun Kota/ Kabupaten. Narasumber dalam kegiatan ini RINI ELVIRA, S.E,. M.Si, Ketua Prodi Ekonomi Islam IAIN Bukittinggi, yang sekarang sedang menyelesaikan Disertainya guna memperoleh gelar Doktor di Universitas Andalas Padang, dan RIKA DESIYANTI, S.E,.M.Si, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta, sekaligus sebagai pelaku usaha. Buk Rika juga sedang menyelesaikan program Ph.D di Universitas Selangor Malaysia, dengan kosentrasi Manajemen Keuangan, sudah pada posisi Kandidat Doktor, sudah tentu memiliki pengetahuan secara teori dan praktek.

     Seminar ini diikuti oleh 256 orang peserta, partisipasi peserta sangat luar biasa dalam memberikan pertanyaan kepada narasumber, yang memang memiliki kompetensi tentang thema yg di bahas dan begitupun Narasumber yang luar bisa dalam memberikan penjelasannya, yang mana dalam penjelasan dari Narasumber memberikan motivasi, arahan, kepada pelaku usaha mikro kecil serta pemerintahan daerah dalam mengambil kebijakan agar UMK tetap eksis.  Serta dorongan kepada mahasiswa agar berperan dalam membantu masyarakat Indonesia yang tengah dilanda Covid-19 ini. Imbuh Sonya sebagai penanggungjawab acara seminar.

     Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Dr. Iiz Izmudddin MA, menyambut hangat kegiatan ini, karena terlihatnya kepedulian mahasiswanya terhadap situasi dan kondisi yang dialami oleh masyarakat sekarang ini. walaupun PSBB, mahasiswa tidak hilang kreatifitas, bravo untuk ekonomi islam, ungkap Dekan mendukung terlaksananya seminar online ini.(gb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *