CURAH PEMIKIRAN SOLUSI KREATIF DIMASA SULIT

     Bagi insan akademis, bagaimanapun situasi dan kondisi kehidupan akan selalu menjadi objek kajiannya, melahirkan berbagai pemikiran  dan atau jalan keluar dari kondisi yang ada, ini ada karena kebiasaan melakukan analisa terhadap fenomena yang di hadapi. Di masa pandemi covid-19 banyak sekali bermunculan inovasi dan kreatifitas dari berbagai pihak, mulai dari yang sederhana sampai yang rumit sekalipun, sebagai wujud kepedulian terhadap sesama. Begitu juga bagi seorang Rini Elvira, SE.,M.Si sebagai insan akademis yang memiliki tiga kewajiban dipundaknya (Tri Dharma Perguruan Tinggi), di samping mengajar, juga harus melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

     Pada kondisi pandemi Covid-19 sesuai dengan keahliannya, Ketua Program Studi Ekonomi Islam ini berbicara tentang; PELUANG UMKM DENGAN MENGGUNAKAN BISNIS ONLINE DAN FINTECH DIMASA PANDEMI COVID-19.  Menurut Mahasiswa Program Doktor dari Universitas Andalas ini, kesimpulan dari artikelnya yang sudah dimuat dalam Media Online suara butersarko.com (https://suarabutesarko.com/berita-selengkapnya/peluang-umkm-dengan-menggunakan-bisnis-online-dan-fintech-dimasa-pandemi-covid-19/) adalah; Pandemi covid-19 telah membuat jatuhnya permintaan masyarakat terhadap barang dan jasa, turunnya daya beli masyarakat. Hal ini menyebabkan penjualan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menurun tajam hingga yang tersisa hanya 10-20% saja.  UMKM harus tetap produktif, lebih kreatif dan selalu berusaha.

     Menghadapi masa new normal harus mampu bertransformasi dengan mencoba bisnis online sebagai pilihan kedua setelah bisnis offline (tradisional).Selanjutnya online lain yang tidak kalah pentingnya adalah sistem pembayaran online atau yang dikenal dengan teknologi keuangan atau financial technology (fintech).

     Teknologi keuangan atau Financial technology (fintech) merupakan hasil gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi yang akhirnya mengubah model bisnis dari tradisional  menjadi modern. Jadi kata kuncinya dalam artikel itu adalah GO ONLINE GUYS (UMKM).

Demikianlah hasil pemikiran Rini Elfira dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat, mengakhir tulisannya, semoga bermanfaat bagi UMKN. (gb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *