Profil Alumni: “KAPATUHAN YANG MEMBAWA BERKAH”

     Rika Widianita, SEI., ME Merupakan anak bungsu dari lima bersaudara, pasangan Sawir dan Yuliar. Yang lahir di Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok. Menempuh pendidikan formal di kampung halamannya di Koto Sani, untuk tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah Stanawiyah. Untuk tingkat Aliyah Rika melanjutkan ke Kota solok, menjadi siswa MAN Kota Solok (2003). Kemudin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi di Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Syariah, IAIN Imam Bonjol Padang. Merupakan Mahasiswa angkatan pertama, selesai tahun 2007. Tamat kuliah langsung diterima di PT Elang Timur yang bergerak di sector ekspedisi, bagian keuangan di Jakarta selatan.

     Dasar anak bungsu, tahun 2008  diminta pulang ke kampung untuk merawat orang tua, karena semua kakaknya ada di rantau. Walaupun berat hati kondisi ini diterima Rika dengan ikhlas. Rika melaksanakan kegiatan apa yang mungkin bisa untuk mengisi waktu dimulai dari guru Tsanawiyah di almamaternya sampai ke guru MDA  di lingkungan sendiri. Pada tahun 2009 mengikuti Akta IV di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Solok Nan Indah. Lima kali mengikuti tes PNS untuk Guru, Sumbar, Riau dan Jambi  belum memberikan keuntungan untuk Rika.

     Pada tahun tahun 2015, Rika melanjutan studinya pada Program Studi Magister Ekonomi Syariah (S2) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan lulus tahun 2018. Setelah lulus langsung mengikuti seleksi  CPNS tahun 2018 untuk posisi Dosen Ekonomi Islam. “Keberhasilan ini tentunya dengan bekal ilmu yang saya peroleh selama kuliah di program magister ekonomi syariah IAIN Bukittinggi”. Menurut Rika juga Selama menuntut ilmu di IAIN Bukittinggi, selain ilmu-ilmu yang diberikan oleh dosen-dosen yang berpengalaman dan kompeten di bidangnya, mahasiswa juga dibekali dengan pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan bidang keilmuan, sehingga menambah pengetahuan dan pengalaman mahasiswa mengenai aplikasi ilmu itu sendiri. Selain itu juga sering diadakan kuliah tamu dan kuliah umum yang menghadirkan tokoh-tokoh penting, pakar dan ahli dalam bidang keilmuan yang sedang ditekuni.

     Pesan Rika, bagi Yunior mahasiswa yang menuntut ilmu, pergunakan waktu yang dimiliki untuk memperoleh ilmu dan pengalaman selama perkuliahan untuk bekal nanti menghadapi dunia kerja. Persiapkan kemampuan kalian baik akademik maupun kepribadian (soft skills), jadilah pribadi yang kuat, hebat dan pantang menyarah serta wujudkan cita-cita dan keinginannya. (gb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *