Webinar Program Magister Ekonomi Syariah FEBI IAIN Bukittinggi – Jurnal Ekonomika Syariah “Membangun Ide Riset untuk Jurnal Nasional Terakreditasi dan Jurnal International Bereputasi”

     Seiring dengan upaya akselerasi karya ilmiah dosen dalam bentuk jurnal nasional terakreditasi maupun di jurnal international bereputasi, dan juga upaya institusi untuk dapat meningkatkan rating institusi dalam Sinta (Science and Technology Index), maka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bukittinggi yang di inisiasi oleh Program Studi S2 Ekonomi Syariah bekerjasama dengan Jurnal Ekonomika Syariah dan Rumah Jurnal IAIN Bukittinggi menggelar Seminar Online dengan tema “Membangun Ide Riset Untuk Jurnal Nasional Terakreditasi dan Jurnal International Bereputasi”.

     Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dengan media Zoom Meeting pada hari Jumat tanggal 24 Juli 2020 jam 08.30 – 10.30. Acara ini tidak hanya diikuti oleh dosen dan akademisi namun juga diminati oleh beberapa praktisi dari lembaga keuangan dan perbankan. Antusiasme terhadap acara ini membuat sebagian partisipan mengikuti melalui live streaming di youtube pada link https://www.youtube.com/watch?v=Gtcsg6QB3Uw&feature=youtu.be

     Bertindak sebagai keynote speker dalam kegiatan ini adalah Dr. H Asyari S.Ag M.Si yang menekankan pentingnya akselerasi karya ilmiah dosen dalam menaikkan rating SINTA dan predikat akreditasi prodi dan institut. Sebagai pembicara utama, bapak Hafiz Rahman, SE, MSBS, PhD mengupas tuntas trik-trik menarik dalam membangun ide riset yang layak publish di jurnal-jurnal international bereputasi maupun jurnal-jurnal nasional terkareditasi. Lebih lanjut Dr. Hesi Eka Puteri, SE, M.Si yang memberikan materi tentang “Manuscript: In Editorial Policies” menjelaskan beberapa pertimbangan editor dalam menerima atau menolak sebuah manuscript.

     Dari kegiatan seminar online ini diharapkan dosen-dosen pada umumnya dapat menggali berbagai ide riset dalam menghasilkan karya ilmiah yang kompetitif untuk di publikasikan dalam jurnal-jurnal nasional terakreditasi atau jurnal-jurnal International bereputasi. Diharapkan juga setiap materi seminar yang kita usung di FEBI IAIN Bukittinggi mampu mewujudkan konsep pemenuhan integrasi penelitian ke dalam proses pembelajaran sehingga tuntutan akreditasi 9 kriteria yang menekankan pentingnya konsep integrasi ini dapat terealisasi melalui wadah diskusi-diskusi online. Kegiatan ini lebih lanjut akan sangat bermanfaat dalam mengakselerasi Predikat SINTA Jurnal Ekonomika Syariah IAIN Bukittinggi. (hep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *