Profil Alumni : BERORGANISASI MENGANTARKAN KESUKSESAN

     Uci Ramadani, SE yang akrab dipanggil Uci lahir di Bukittinggi, 05 Mai 1996. Jenjang pendidikan formal telah dilaluinya dimulai dari Sekolah Dasar di SDN 14 Simpang Empat, Sekolah lanjutan Tingkat Pertama di SMP N 3 Sungai Puar, Sekolah lanjutan Tingkat Atas di SMK N 2 Bukittinggi dengan jurusan Akuntansi. Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi Uci mulanya lebih memilih Program studi (Prodi) D3 Perbankan Syariah T.A 2015 s.d 2018, tidak puas dengan gelar Ahli Madya (A.Md),  Uci melanjutkan (transfer) ke Program Studi  (S1) Perbankan Syariah T.A 2018 s.d 2020 untuk melengkapi gelar kesarjanaannya, masih di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi.

     Uci memilih jurusan Perbankan Syariah karena dilatarbelakangi dari jurusan yang ia tekuni di SMK N 2 Bukittinggi yaitu Akuntansi yang dalam pembelajarannya juga mengajarkan tentang ilmu perbankan, setiap pembelajaran ini dia selalu aktif dan mendapatkan nilai bagus dari mata pelajaran lainnya. Faktor inilah yang membulatkan tekad Uci untuk memilih Jurusan Perbankan Syariah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi. Disamping faktor utama tsb, Uci juga mempunyai keinginan untuk bekerja di salah satu lembaga yang bergerak di sektor Keuangan yaitu Bank.

     Selama di bangku perkuliahan Uci juga aktif di berbagai Organisasi yaitu sejak tahun 2016-2017 aktif di Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) sebagai Pengurus di bidang Eksternal dan pada saat itu juga aktif sebagai anggota di UKK Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) AL-Irsyad. Tahun 2017-2018 diangkat sebagai Sekretaris Jenderal KSEI Al-Irsyad. Di angkatan yang sama Uci dilantik sebagai Wakil Bendahara KNPI Kota Bukittinggi periode 2017-2019. Dan yang terakhir di tahun 2018-2019 Uci berpartisipasi di Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) IAIN Bukittinggi dipercaya sebagai Sekretaris Menteri Luar negeri.

     Bagi Uci, gelar  “mahasiswa kupu-kupu“  (kuliah pulang-kuliah pulang) tidak boleh disandang oleh yang namanya mahasiswa. Mahasiswa “kura-kura“ (kuliah rapat-kuliah rapat) adalah hak yang pantas untuk mahasiswa. Karena menurutnya, organisasi itu sangatlah penting. Di Organisasilah kita dapat mengatur waktu, mengaktualisasikan diri, membranding diri, mengubah pola pikir, mencari jadi diri, serta yang terpenting menjalin silaturahmi dan tentunya dengan itu semua kita dapat membangun jaringan dengan sesama dan pihak luar. So, untuk adik-adik yang masih berjuang di bangku perkuliahan, jangan jadikan kuliah semata-mata hanya untuk belajar di dalam kelas, carilah celah sekecil mungkin untuk belajar di luar kelas yaitu belajar di Organisasi, pesannya.

     Remember God and Always be Grateful (Ingat Allah dan selalu bersyukur). Begitulah lontaran kalimat yang menjadi prinsipnya sampai saat ini, Motto inilah yang selalu diingat oleh Uci, yang selalu menjadi motivasi bagi dirinya.

     Cukup panjang perjalan studi Uci, berawal dari pendidikan dengan gelar Ahli Madya yang berujung dengan gelar Sarjana Ekonomi Uci lalui di kampus yang sama dengan jurusan yang sama. Semua itu terbayar dengan rasa senang dan syukur kepada Allah SWT, Allah menjawab perjuangan Uci dengan diterimanya Uci bekerja di Bank Nagari Syariah Cab. Bukittinggi yang beralamat di Jl. Jenderal Ahmad Yani No.89, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

     Ungkapan rasa syukurnya selalu dikirimkannya kepada Yang Maha Kuasa, kenapa tidak. Uci wisuda bulan April, terhitung sejak tanggal 02 Juli 2020 Uci sudah mulai beraktifitas di lembaga perbankan tsb. Ini merupakan prestasi tercepat alumni FEBI IAIN Bukittinggi di terima bekerja.

     Prinsip yang selalu saya pegang dan saya teguhkan membawa saya pada keyakinan bahwa Allah tidak akan meninggalkan hambanya yang mau berusaha. Terimakasih kepada keluarga ku yang selalu mendukungku, sahabat, dan orang-orang baik di sekitarku, yang selalu mengingatkan ku pada kebaikan. Untuk adik-adik yang masih di bangku perkuliahan manfaatkan waktu teman-teman sebaik mungkin seproduktif mungkin, jangan jadikan perkuliahan hanya semata-mata mengejar ijazah, tapi galilah potensi diri, temukan jati diri karena itulah yang akan teman-teman gunakan untuk bisa sampai ke dunia nyata yaitu dunia pekerjaan. Pesan Uci dengan mengakhiri pembicaraannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *