DISKUSI DOSEN RUMPUN ILMU ; “Laksanakan Kuliah Daring dengan Prinsip Efektif dan Efisien“

          Menghadapi perkuliahan daring yang masih berlanjut di semester ganjil ini, dosen-dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) melaksanakan diskusi untuk menganalisis media yang tepat digunakan, untuk keberhasilan proses pembelajaran tetapi tidak memberatkan bagi mahasiswa dalam menyediakan paket/kuota internetnya. Diskusi ini dihadiri hampr 100 orang dosen-dosen FEBI yang akan mengajar di semester ganjil TA 2020/2021 ini. Diskusi berlangsung alot selama 2 (dua) jam penuh. Dimulai oleh Fasilitator diskusi, DR. Hesi Eka Puteri SE.,M.Si. yang memaparkan pengalaman penggunaan media daring dalam perkuliahannya. Yang diikuti oleh Narasumber lainnya dari Dosen FEBI, Raymond Dantes M. Ag., Dr. Endriyenti, Zikra Wahyuni, MEI, dan H. Harfandi SE, M.Si yang pada inti menyampaikan kelebihan dan kekurangan media yang digunakannya selama ini.
          Dari diskusi tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi pembelajaran daring mestilah bersifat efisien, efektif dan ekonomis. Beberapa media yang bisa digunakan dapat dilanjutkan dengan mengefektifkan penggunaannya. Pengunaan google drive untuk pengiriman dan menyimpanan bahan perkuliahan dapat terus di efektifkan. WA Group dan GClassroom merupakan aplikasi dasar untuk komunikasi dengan mahasiswa, selebihnya silahkan menggunakan tambahan aplikasi pendukung lainnya seperti Jitsi, Quipper, edmodo, dst, dengan tetap mempertimbangkan efesiensi biaya. Aplikasi e-campus tetap dipergunakan minimal agar tetap bisa link ke laporan PBM. Untuk streaming, silahkan gunakan Gmeet, Vcall, Voicenote, dll. sekedarnya saja. Video tutorial yang bersifat offline lebih disarankan. Intinya tidak memberatkan mahasiswa dan memudahkan bagi kita sebagai dosen.
          Dr. Hesi Eka Putri SE,M.Si sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga mengharapkan dengan diskusi ini adanya kesamaan pola pembelajaran daring sehingga memudahkan bagi segala pihak melaksanakan PBM, sehingga perkuliahan bisa tercapai dengan sempurna. Hal ini untuk meminimalisir anggapan selama ini, bahwa kuliah daring hasilnya sangat mengecewakan, ungkap buk Hesi yang juga Pelaksana Ketua Prodi Magister Ekonomi Syariah ini. Dekan FEBI Dr. Iiz Izmuddin MA, juga memberika apreasiasi kepada para perserta diskusi, dengan ucapan terima kasih karena selama dua jam penuh menghadapi laptopnya, semoga hasil diskusi ini bisa dipedomani dalam pelaksanaan kuliah yang akan di mulai tanggal 28 September ini, ungkapnya.(gb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *