TENAGA KEPENDIDIKAN FEBI : LAYANAN ONLINE SEPENUH HATI

          Melalui koordinasi serta arahan pimpinan Dekan FEBI Dr. Iiz Izmuddin, MA, secara kontiniu, layanan Administrasi online/daring pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bukittinggi dapat diselenggarakan secara maksimal. Layanan dalam format online secara holistik dimulai sejak WFH tahap pertama; 26 Maret 2020, yang sudah 5 bulan lebih sampai sekarang. Bentuk pelayanan yang diberikan berupa; pengurusan Surat Aktif Kuliah, Surat Cuti, Surat Magang, SK Pembimbing,  Surat Masuk/ Keluar, yang mencakup pendisposisian, pengolahan, pengiriman, dan terakhir pengarsipan surat. Jumlah mahasiswa yang lebih kurang dari 4.000 orang InsyaAllah dapat dilayani dengan baik secara online/daring oleh tenaga kependidikan yang berjumlah 5 orang baik melalui WA, dan Email. Walaupun jumlah SDM sangat terbatas, namun semua pekerjaan dapat terakomodir dengan baik. Kadang kala pekerjaan mesti diselesaikan melalui lembur yang memakan waktu hampir 24 jam, seperti persiapan wisuda yang meliputi input data serta nilai mahasiswa yang akan wisuda dan pembagian toga wisuda.

          Kabag FEBI, Sasmiarti, S.Ag. SIP. M.H. sebagai Salah seorang Pimpinan Administrasi di tingkat Fakultas, selalu konsen dan berusaha mewujudkan administrasi yang cepat, tepat dan benar sesuai dengan regulasi yang berlaku. Setiap surat yang masuk segera di disposisikan kepada Pimpinan Fakultas dan akhirnya di eksekusi. Pengontrolan dan pengelolaan adminstrasi yang dilakukan berkaitan dengan administrasi akademik dan kemahasiswaan serta administrasi umum, keuangan, dan kepegawaian. Disamping itu,  Kabag. juga konsen dan sabar terhadap urusan SK kegiatan dan keuangan fakultas serta selalu aktif dan setia mengelola aplikasi SIPERA mulai dari penyiapan proposal dan RAB kegiatan sampai kepada tahap pencairan.

          Kasubag Umum, Elmin Pasaribu, S.Ag, selalu aktif dengan layanan online Administrasi Umum, Sarana dan Prasarana serta BMN. Terkait dengan layanan persuratan bagi mahasiswa, beliau patut diberi apresiasi karena dengan setia mempergunakan WA untuk berkomunikasi dengan mahasiswa dalam menyahuti kebutuhan mereka. Pelayanan yang diberikan tidak hanya terbatas pada jam kerja, malahan walau WFH sejak 5 bulan yang lalu beliau tetap aktif ke kampus setiap hari demi menjawab tuntutan kebutuhan administrasi mahasiswa.

          Kasubag Akademik Syafnidar SE, M.Si selalu aktif dengan layanan akademik mahasiswa, berupa adminstrasi sempro, kompre, munaqasyah, konversi mata kuliah serta urusan transkrip nilai dan ijazah mahasiswa. Selain itu beliau dengan tuntas mengelola SK  yang berkaitan dengan Bimbingan TA, Skripsi dan Thesis.

          Tenaga  IT, Wilda Sri Sartika, S.Pd. selalu pro aktif mengelola dan mengupdate Web FEBI, memberikan informasi terkait akademik, peraturan bagi Dosen dan mahasiswa serta selalu mengupdate berita yang terkait kegiatan yang selalu eksis di FEBI. Tugas pokok beliau yang lain adalah mengelola seluruh bentuk dan jenis  data mahasiswa di e-campus serta kebutuhan IT fakultas dalam bentuk yang lain.

          Ibu Yenri Warnis, S.H, selalu setia dan rajin memback-up pengelolaan administrasi dan persuratan di fakultas, seperti pendisposisian, penggandaan, dan pengarsipan. Walaupun umur beliau sudah lebih dari setengah abad, tetapi masih gesit turun naik tangga dari lantai  I sampai lantai III Gedung FEBI dalam rangka penyelenggaraan adminstrasi persuratan di Fakultas.

          Dua lagi yang tidak kalah penting adalah Ferdianto sebagai driver FEBI yang tidak pernah absen memberikan bantuan dalam bidang pendisposisian surat sehingga surat bisa sampai kepada yang dituju serta melayani offline kebutuhan mahasiswa yang tidak bisa secara online. Yang kedua adalah Desmarwita sebagai petugas K3 yang selalu setia dan ikhlas mewujudkan lingkungan FEBI  yang nyaman dan asri.

          Semua proses adminstrasi online/daring yang dilakukan oleh sejumlah personel di atas dapat terwujud dengan baik berkat kegigihan, kerja keras, komando dan pengawasan langsung dari Wakil Dekan II FEBI (Dr(cand). Rusyaida D. M.Ag).(Redaksi FEBI, 28 September 2020)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *