HMPS PERBANKAN SYARIAH MELAKSANAKAN PBAK DALAM RANGKA MENCAPAI VISI MISI PROGRAM STUDI

          Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) melaksanakan Program Perkenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan dengan mahasiswa baru mengusung tema “Membangun Karakter Muda Millenial yang Kreatif Serta Berintelektual dalam Mewujudkan Masyarakat Perbankan Syariah Sejati”. Acara ini di selenggarakan secara online selama dua hari yaitu pada hari sabtu-minggu (10-11/10) melalui aplikasi zoom meeting, dengan tujuan utama mensosialisasikan visi dan misi Prodi. Narasumbernya Awaluddin, M.A., merupakan dosen FEBI dan Rizky Fathurrachman, S.E., sebagai demisioner Perbankan Syariah IAIN Bukittinggi.
          Dalam sambutannya Rais Malik, selaku Ketua Umum HMPS Perbankan Syariah mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru Perbankan Syariah tahun 2020, berjumlah 440 orang. Rais Malik menyampaikan juga bahwa sebagai mahasiswa yang baru peralihan dari jenjang sekolah menengah ke jenjang pendidikan tinggi, hendaknya mahasiswa dapat memaksimalkan perkuliahannya, yaitu dengan menyeimbangkan kegiatan akademik, dengan kegiatan untuk menggali dan meningkatakn keterampilan kepemimpinan, baik organisasi intra kampus maupun extra kampus.
          Rayzul Hawari, selaku Ketua Panitia menyatakan bahwa kegiatan PBAK Perbankan Syariah ini merupakan kegiatan rutin tahunan. Tujuan diadakannya kegiatan ini, terjalinnya komunikasi dan silaturrahmi antara mahasiswa baru dengan sesamanya dan juga antara mahasiswa baru dengan seniornya.
          Acara dipandu oleh Anisa Rahman, Rico Sumantri sebagai Co-Host dan Nadia selaku Moderator berjalan lancar. Hanya terkendala jaringan yang kurang stabil, namun tidak mengurangi antusiasme mahasiswa baru untuk mengikuti setiap kegiatan. Sehingga acara dapat terselesaikan dengan baik dan sukses.
          Dalam kegiatan PBAK ini, hari pertama menghadirkan pemateri Awaluddin, M.A,. dan Rizky Fathurrachman, S.E,.Pemateri memberikan pembekalan terkait dengan Visi Prodi yakni Unggulan dalam pengembangan dan penerapan Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah pada tahun 2025, sedangkan Misi Prodi adalah;
1. Mempersiapkan sumber daya insani yang memiliki kompetensi dalam bidang Perbankan dan Keuangan Syariah
2. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang terbaik dengan mengedepankan nilai-nilai Islami
3. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait
4. Menjadikan pusat penelitian dan pengembangan Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah
dan hal-hal yang berkaitan dengan perbankan syariah, juga tentang keorganisasian serta pentingnya organisasi, dan berorganisasi bagi mahasiswa. Aspek-aspek tersebut menjadi point penting yang sangat dibutuhkan dalam proses pencarian kerja saat kita telah menyelesaikan proses studi nanti.
          Di hari ke dua, diawali dengan perkenalan secara resmi struktur kepengurusan HMPS Perbankan Syariah S1 oleh Ketua Umum Rais Malik, Sekretaris Umum Nur Anisyah Harahap, Bendahara Umum Defi Utama Suriani, dan juga struktur bidang dan departemen yang berada di bawah kepemimpinan Rais Malik. Di acara hari kedua ini juga di tampilkan jejak rekam dan video kegiatan PBAK tahun-tahun sebelumnya juga video profil HMPS PS S1 sendiri. Kemudian di sela-sela acara, agar mahasiswa baru tidak bosan sebagai pendengar saja, maka ada juga game tebak kata dalam gambar yang dapat melatih kejelian dan daya ingat mahasiswa, sehingganya antusiasme dari mahasiswa baru menjadi pemecah suasana agar tidak terlalu formal.
          Puncak dari kegiatan di hari kedua ini adalah membuat formasi tulisan dari masing-masing mahasiswa baru untuk dapat merangkai suatu kata dengan menggunakan kertas warna warni, yang akan direkam sesuai arahan dari panitia. Ini menjadi momen pengingat bahwa dalam acara PBAK Perbankan Syariah tahun 2020 pernah di selenggarakan via zoom untuk pertama kalinya oleh HMPS PS S1. Hal ini menandakan bahwa PBAK secara online ini tidak membatasi kegiatan acara yang sebenarnya harus di lakukan di lapangan atau secara offline. Maka dari itu kepanitian sangat memaksimalkan media zoom sebagai media yang dijadikan tempat untuk diselenggarakannya kegiatan PBAK.
          Dalam kegiatan PBAK Perbankan Syariah ini pula, di hari sebelum acara, juga telah dipersiapkan suatu lomba, yakni Lomba Foto dan Caption Kreatif terkhusus ditujukan kepada Mahasiswa Baru Perbankan Syariah tahun 2020 untuk berani menampilkan bakatnya dalam berfoto. Dalam lomba ini, terdapat beberapa persyaratan yang terlebih dahulu harus menjadi arahan bagi mahasiswa baru, seperti harus berpakaian batik yang sopan, menyertakan motivasi dan tujuannya memilih prodi perbankan syariah yang nanti akan di publikasikan di sosial media HMPS PS S1.
Dan sebagai bukti kehadiran Mahasiswa Baru dalam mengikuti acara, kepanitiaan, mengadakan 2 kali absen, yaitu absen pagi dan absen siang. Ini bertujuan agar mahasiswa baru benar-benar mengikuti acara sehingganya materi atau kegiatan yang diadakan oleh HMPS PS S1 benar–benar dapat tersampaikan dengan baik sehingga dapat pula dirasakan manfaatnya oleh mahasiswa baru di tengah-tengah perkuliahan online sekarang. Sehingga HMPS S1 PS sebagai jembatan antara mahasiswa dengan mahasiswa lainnya, juga antara mahasiswa dengan kampus dapat terjalankan dengan baik.
          Di akhir acara, kepanitiaan mengadakan kuis pertanyaan, apabila ada yang berhasil menjawab akan mendapatkan doorprize sebagai bentuk hadiah hiburan kepada 3 peserta tercepat. Dan juga untuk mengakhiri acara, ditutup dengan penampilan bakat peserta yang cukup lumayan banyak yang ingin menampilkan bakatnya, seperti menari, menyangi, mengaji, dll. Sehingga acara yang diangkat oleh HMPS Perbakan Syariah S1 bertambah semarak dengan antusiasme peserta yang aktif dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan. Untuk itu sebagai ucapan terimakasih di berikan sertifikat penghargaan kepada pemateri maupun peserta karena sudah bersedia meluangkan waktunya hadir dalam acara yang dimaksud. (gb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *