KULIAH UMUM FEBI IAIN BUKITTINGGI: Fungsi LPS dalam Stabilitas Sistem Perbankan Syariah di Indonesia

          Mengawali Perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2020-2021, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bukittinggi menggandeng Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), lembaga yang independen menjaga stabilitas keuangan, untuk memberikan kuliah umum bagi mahasiswa di lingkungan FEBI IAIN Bukittinggi.

          Kuliah Umum LPS ini merupakan bagian dari kegiatan sosialisasi LPS di lingkungan Kampus untuk memberikan pengetahuan tentang mengelola keuangan dengan bijak dan meningkatan kesadaran masyakarat khususnya mahasiswa mengenai keberadaan, fungsi dan tugas Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sebagai bagian dari kestabilan sistem perekonomian Indonesia.

          Kegiatan ini mengambil tema yang erat dan dekat hubungannya dengan fungsi dan tugas yang dijalankan LPS, yaitu “Peran dan Fungsi LPS dalam Stabilitas Sistem Perbankan” dengan sub tema “Perbankan Syariah”.

          Mengingat Pandemi Covid-19 yang sedang melanda, maka format kegiatan Kuliah Umum LPS dalam bentuk Talkshow interaktif dengan mahasiswa yang dilakukan secara virtual melalui zoom meeting. Narasumber untuk kegiatan kuliah umum ini adalah Dr. Ronald Rulindo – Spesialis Madya, dari Group Riset LPS dan Dr. Hesi Eka Puteri, SE, M.Si – Dosen/Wakil Dekan Bidang Kurikulum dan Pengembangan Kelembagaan sekaligus Pelaksana Ketua Prodi Magister Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bukittinggi.

          Acara kuliah umum ini dilaksanakan pada, Hari/Tanggal : Rabu, 14 Oktober 2020 pukul 09.00 – 13.00 WIB yang diikuti oleh Mahasiswa dan Dosen-dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan jumlah peserta 962 orang melalui Zoom Meeting.

          Acara dimulai dengan hantaran kata oleh Dekan FEBI Di. Iiz Izmuddin, MA yang intinya mengucapkan selamat datang kepada Panelis dan peserta serta pemaparan sekilas tentang eksistensi FEBI dulu, sekarang dan akan datang. Sedangkan pembukaan oleh Romy Di Putra, Kepala Divisi Edukasi dan Layanan Publik, LPS.
          Narasumber pertama DR. Hesi Eka Putri SE.M.Si lebih menekankan kepada konsep teoritis tentang perbankan dan lebih khusus terhadap Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS), tentu sesuai dengan latar belakang sebagai akademisi.
          Sedangkan Narasumber Dr. Ronal Rulindo dari LPS menerangkan peran dan fungsi LPS dalam memperkuat peran dan fungsi pemeliharaan stabilitas sistem keuangan dan penanganan kondisi krisis sistem keuangan di Indonesia, lebih menekankan kepasa aspek praktisnya.
          Kolaboratif kompetensi kedua narasumber ini, membuat hangatnya sesi tanya jawab, dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang muncul dari peserta dan memiliki kualitas pertanyaan yang bagus-bagus. Kedua narasumber bekerjasama menjelaskan, secara teori oleh Dr. Hesi dan Praktisnya dilengkapi oleh Dr. Ronal, sehingga penanya merasa puas. Kehangatan ini karena moderator Ginung Patriginari, sangat piawai memainkan perannya memimpin berlangsungnya acara.
          Panitia juga menyediakan hadiah-hadiah bagi pemenang quiz yang dilaksanakan di awal dalam bentuk pre-test di tenggah dan di akhir dalam bentuk post test, begitu juga terhadap penanya terbaik dan pemberi komentar terbaik, hadiah berupa handphone, power bank dan hardisk eksternal.(gb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *