MoU dan STUDIUM GENERAL; “Digitalisasi Ekonomi Syariah Sebagai Upaya Penguatan Bisnis Syariah di Era Industri 4.0”

          Mengawali Perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2020-2021, Program Studi S2 Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bukittinggi menandatangani nota kesepkatan (MoU) dengan Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), sekaligus melaksanakan Studium General, sebagai tindak lanjut mou ini dengan menghadirkan Narasumber Prof. Dr. H. Asmuni (Guru Besar Ekonomi Syariah UINSU Medan) dan Dr. Saparruddin Siregar, SE,Akt,Ca,M.Ag (Dosen Peneliti Pascasarjana Ekonomi Syariah UINSU Medan).
        Prof. Asmuni menyampaikan materi tentang; Transaksi digital dalam prespektif syariah sedangkan Dr. Saparuddin mengulas tentang Transformasi digital, percepatan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah. Kedua topik merupakan perwujudan respon terhadap perkembangan masyarakat dan kondisi pandemi covid saat sekarang ini.
          Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan MoU antara dekan FEBI IAIN Bukittinggi Dr. Iiz Izmuddin MA dengan Dekan FEBI UINSU Medan Dr. Andri Sumitra M.Si, sekaligus memberikan kata sambuatan dalam kegiatan ini.
          Menurut Dr. Iiz Izmuddin MA, Studium General ini merupakan bagian dari kegiatan akademik di Program Studi Magister Ekonomi Syariah FEBI IAIN Bukittinggi, sebagai upaya penguatan kemampuan analisis ilmiah mahasiswa dan dosen-dosen di lingkungan program studi khususnya dan FEBI IAIN Bukittingi Umumnya, di samping menyampaikan tentang keberadaan Program Studi magister Syariah yang selalu mengalami perkembangan semenjak berdirinya sampai sekarang di bawah komando Dr. Hesi Eka Puteri SE., M.Si sebagai Ketua Prodinya.

          Mengingat Pandemi Covid-19 yang sedang melanda, maka format kegiatan Studium General dilakukan dalam bentuk Talkshow interaktif dengan mahasiswa dan dosen yang dilakukan secara virtual melalui zoom meeting. Dilaksanakan pada, Hari/Tanggal : Rabu, 21 Oktober 2020 pukul 09.00 – 11.30 WIB.
          Hadir dalam kegiatan ini 87 peserta yang pada umumnya adalah mahasiswa magister ekonomi syariah dan dosen-dosen FEBI, yang sangat antusias dengan banyaknya pertanyaan yang di sampaikan baik langsung maupun melalui room chat, sebab themanya sangat kekinian, sehingga menimbulkan hasrat ingin tahu terbuka lebar. Ditambah dengan kepakaran narasumber yang mampu memuaskan bagi penanya.

          Acara ini di fasilitasi oleh pelaksana akademik Program Studi Magister Ekonomi Syariah. Dan dimoderatori oleh Dr. Hesi Eka Puteri, SE, M.Si – Katu Prodi Magister Ekonomi Syariah/ Wakil Dekan bidang Akademik dan Perkembangan Lembaga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bukittinggi, yang memang ahli di bidang ilmu ekonomi, sehingga mampu memimpin jalannya stadium general dengan hangatnya.(gb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *