KULIAH UMUM DAN PENANDATANGANAAN MOU FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM (FEBI)

          Trend bisnis modern; Pendekatan maqasid dan praktek global, merupakan tema yang diangkat oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dalam Kuliah Umum yang dilaksanakan hari Rabu, 28 Oktober 2020 melalui aplikasi zoom. Dengan menghadirkan Narasumber Rifky Ismail, M.Sc.,Ph.D, asisten Sekjen Islamic Financial Service Boar (IFSB), dan Dr. Agustianto Minka MA, Presiden Direktur Iqtishad Consulting.

          Rifky Ismail, merupakan Pengurus BI Pusat dan Anggota DSN MUI Pusat, Berbicara masalah trend bisnis modern yang dikaitkan dengan kontribusi sektor moneter (bank syariah) dalam memberdayakan sektor rill Syariah. Ada kendala dan tantangan bagi bank Syariah, namun alhamdulillah tetap ada pembinaan dari otoritas moneter dalam mengakselerasi peningkatan pangsa pasar bank Syariah di Indonesia.
          Sedangkan Agustianto Mingka, yang juga anggota DSN MUI Pusat. Menekankan pentingnya pendekatan maqashid Syariah secara filosofis dan rasional dalam mengikuti perkembangan bisnis digital dan perlunya inovasi-inovasi dalam koridor Syariah untuk setiap produk-produk perbankan dan Lembaga keuangan lainnya, sehingga tujuan utama yaitu Mashlahah dapat tercipta. Narasumber juga memberikan berbagai kasus akan urgensi maqashid Syariah dalam berbagai kegiatan-kegiatan ekonomi di era industry 4.0.

          Dalam Kuliah Umum yang di moderator oleh Dr. Hesi Eka Puteri, SE.,M.Si juga di tanda tangani Memorandum Of Undertanding (MOU) antara FEBI IAIN Bukittinggi dengan Iqtishad Consulting yang ditanda tangani oleh Dr. Iiz Izmuddin MA selaku Dekan FEBI dan Dr. Agustianto Minka MA, sebagai Presiden Direktur Iqtishad Consulting kemudian ditanda tangani juga MOU antara jurnal Ekonomika Syariah- Iqtishad Consulting, yang ditanda tangani oleh Dr. Hesi Eka Puteri sebagai Editor in Chief dan Dr. Agustianto Minka MA, sebagai Presiden Direktur Iqtishad Consulting. Adanya kerjasama untuk saling memberi manfaat bagi kedua belah pihak secara umum dan secara khusus untuk jurnal Ekonomi Syariah bertujuan untuk mendukung akreditasi jurnal untuk mencapai target Sinta yang lebih tinggi.
          Sekali merangkuh dayung dua tiga pulau terlampaui”, salah satu ungkapan Dekan FEBI, sewaktu memberikan kata sambuatan saat pembukaan kuliah umum ini, ada beberapa manfaat yang dapat kita ambil dalam satu kegiatan, inilah yang diharapkan juga oleh pemerintah pusat dalam merealisasi anggaran yang efektif dan efisien, ungkap Dr. IIz Izmuddin MA, mengakhiri kata sambutannya.(gb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *