HMPS PERBANKAN SYARIAH Menggelar IBCO dan Webinar Internasional Dalam Rangka Ulang Tahun Prodi Perbankan Syariah

          Islamic Banking Competition (IBCO IV) dengan tema “Build lslamic creativity, intelligence, and solidarity through companionship of islamic Banking“, acara dalam rangka memperingati kelahiran Program Studi Perbankan Syariah. Acara puncak dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2020, dalam Webinar Internasional Season 2 dengan tema “Tips dan Trik Kestabilan Industri Keuangan Syariah di Negara Malaysia dan Kestabilan Industri Keuangan Islam di Malaysia”.
          Pada acara IBCO ini koor. SC. Rahayu Dewi Putri serta Indah Handayani dan Sry Wulan YS. Ketua Panitia Nicko Ivanof Harvard dan sekretaris Noviya Nurul Syukria. Latar belakang IBCO dan Webinar, menurut Nicko Ivanov Harvard, selaku Ketua Panitia, mengungkapkan bahwa dengan tema ini sebagai bentuk perbandingan antara dua Negara, yaitu Malaysia dan Indonesia dalam mencapai kestabilan industry keuangan islam, karena dalam beberapa kondisi Negara Malaysia yang rata-rata bermayoritas muslim dinilai cukup stabil dalam perekonomiannya, sehingga ini juga tidak menutup kemungkinan bahwa Indonesia pun juga bisa berpotensi stabil dalam mengembangkan perbankan Syariahnya, mengikuti Negara Malaysia. Lebih lanjut, bahwa dalam pelaksanaan acara IBCO ini, terdapat 4 cabang perlombaan, seperti Lomba Video Kreatif Memasak, Lomba Cover Lagu Pop dan Lagu Minang, Lomba Cerdas Cermat, dan Lomba Pemilihan Putra Putri Perbankan Syariah IAIN Bukittinggi, yang mana beberapa Lomba di buka untuk Umum dan ada yang khususkan untuk Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Bukittinggi yang telah memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia, ungkap Nicho mengakhiri laporannya.
          Acara yang menjadi agenda tahunan HMPS PS ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dr. Iiz Izmuddin, M.A yang menyampaikan apresiasinya, merasa bangga dengan mahasiswanya yang mampu mengangkatkan acara bertaraf internasional. Kegiatan ini sudah tentu mengangkat marwah kampus secara umum dan khussusnya FEBI dan lebih terkhusus lagi Prodi Perbankan Syariahnya. Mudah- mudahan apa yang dilakukan HMPS PS ini juga diikuti dengan semangat berkompetisi secara positif oleh prodi lainnya di lingkungan FEBI, kata Dekan FEBI ini sambil tersenyum menyudahi arahan sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini.
          Sandra Dewi, SE.MM sebagai Ka Prodi menyampaikan bahwa dengan tema yang diangkat ini sangat menarik sehingga memberi manfaat serta memberi contoh kepada masyarakat perbankan di Indonesia, bahwa dalam hal ini Indonesia sendiri masih banyak industry perbankan konvensional yang diterapkan, masyarakat masih pro dan kontra terhadap usaha-usaha perbankan, baik yang konvensional maupun syariah. Maka dari itu, dengan kegiatan ini, tentunya akan memberi pengetahuan ataupun informasi baru yang dapat menambah wawasan mahasiswa ataupun dosen dalam dunia perbankan.
          Acara webinar menghadirkan narasumber dari Malaysia, Mohd. Noor Adzwan Bin Adam yang merupakan Lecturer di Unitar International University, Malaysia dan Keynote Speakernya, Dr.Hesi Eka Puteri, SE, M.Si. Wakil Dekan bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan FEBI. Narasumber membahas tentang inisiatif dan strategi-strategi bagaimana memacu keuangan islam di Malaysia, sehingga dapat berkembang seperti saat sekarang ini.
          Acara dipandu oleh Annisa Rahman, selesai webinar dilanjutkan dengan Pemenang dari peserta lomba yaitu;
1. Putra Putri Perbankan Syariah 2020 IAIN Bukittinggi
          a. Putra Putri Intelegensi Perbankan Syariah 2020, Rahmat Iqbal,dan Surya Lestari.
          b. Putra Putra Favorit Perbankan Syariah 2020, Apriza Risandi, dan Sintia Dola

2. Lomba Cerdas Cermat;

          Juara 1, Moh. Fitra Ramadhan (IAIN Palu),

          Juara 2, Zikra Febriyansah Putra (IAIN Bukittinggi),

          juara 3, Rissa Apriyanti Sahri (IAIN Bukittinggi)

3. Lomba Cover Lagu:

          Juara 1, Muhammad Rifandi ( UNSYIAH Banda Aceh),

          Juara 2, Adela Savira ( IAIN Bukittinggi),

          Juara 3, Sgi.Srk ( ISI Padang Panjang, UNP, UNAND),

          Juara Terfavorit, Shela Kurnia Putri (IAIN Bukittinggi)

4. Lomba Video Kreatif Memasak,

          Juara 1, Felia Dwi Putri Pernadi dan Riska Febriani,

          Juara 2, Ridwan,

          Juara 3, Sonia Putri,

Ketiga pemenangnya dari IAIN Bukittinggi.

          Menurut Ketua Umum HMPS PS S1, Rais Malik mengungkapkan, bahwa IBCO yang dibarengi dengan webinar internasional, menjadi acara tahunan mengundang peserta dari berbagai PTKIN yang ada di Indonesia. Kalau IBCO sebelumnya hanya bersifat internal saja, tapi tahun ini kita meluaskan ruang lingkup, bersifat nasional. Mudahan-mudahan kedepan lebih berkembang lagi, ungkap Rais Malik, menutup pembicaraan pada sambutan di acara ini.(gb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *