PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH SOLUSI HMPS AKUNTANSI SYARIAH MEMPERCEPAT PENYELESAIAN STUDI

          Menurut Tartila Devi SE, M.Akt, Ketua Program Studi (HMPS) Akuntansi Syariah mengatakan bahwa kegiatan mahasiswa binaan ini merupakan upaya mereka untuk percepatan menyelesaikan studinya. Kalau masalah kuliah teori, tidak ada masalah yang berarti, namun keterlambatan sering dipengaruhi oleh keterampilan dalam penulisan karya ilmiah atau skripsi sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjananya. Makanya Tartila Devi mendukung acara “Seminar Kepenulisan Skripsi Online” dengan memakai tema “Melatih Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Skripsi dengan Tepat” yang diangkatkan oleh HMPS nya. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 04 November 2020, Rabu pukul 14.00 sd 16.00 WIB dengan menggunakan media zoom sebagai sarana seminarnya.
          Narasumber Dr. Hesi Eka Puteri, SE, M.Si, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, sekaligus Ketua Prodi Program Magister Ekonomi Syariah dan Dosen Metodologi Penelitian Senior di FEBI baik program sarjana, maupun program pascasarjana. Dr. Hesi Eka Putri SE, M.Si. juga sudah menulis draf buku tentang penelitian yang sedang dalam proses pencetakan di salah satu penerbit ternama di Indonesia.
          Dalam sambutannya, Mairisa Elvia Bendahara Umum HMPS S1 Akuntansi Syariah, mewakili Ketumnya Agus Wiranata, yang berhalangan hadir karena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkannya, ia mengucapkan terimakasih kepada narasumber, dan segala pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.
          Latar belakang dari kegiatan ini adalah “masih banyaknya mahasiswa yang mengalami kesulitan untuk menyusun sebuah skripsi dengan tepat, dan mahasiswa juga kesulitan untuk menemukan sebuah fenomena yang terjadi di lapangan untuk diangkat menjadi sebuah judul skripsi, hingga perlu kembali mendapatkan sedikit banyaknya pelajaran maupun masukan penting yang bisa kita dapatkan dari narasumber yang berpengalaman serta ahli dalam membahas masalah ini”.
          Dalam kegiatan ini narasumber menjelaskan bahwa membuat skripsi itu tidak sulit tetapi sulit, mudah tetapi tidak mudah. Untuk mengangkat sebuah judul bisa melalui survei lapangan atau tidak melalui survei, tetapi menggunakan data sekunder. Dalam skripsi poin penting yaitu latar belakang masalah dimana masalah yang diungkapkan harus menarik. Latar belakang masalah memiliki cerita yang mengalir dari hal umum ke hal khusus Straight Poin atau tidak berbelit-belit, Fenomena Gap atau sesuai dengan hal fakta, problema atau masalah yang ada, serta Theoritival Gap atau kajian-kajian terdahulu dimana sebagai me-maping kajian kita.
Acara dipandu oleh Fitri Aitul Aisyah ini berisi pembahasan mengenai :
1. Menjelaskan kerangka dalam penulisan proposal skripsi
2. Cara mengangkat sebuah judul skripsi
3. Cara mencari sumber dari jurnal
4. Tools Software yang digunakan untuk mengolah data penelitian
          Acara ini diikuiti lebih dari 300 partisipan. Kegiatan berjalan hangat, banyak partisipan mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Pihak penyelenggara memberikan penghargaan berupa sertifikat kepada narasumber, moderator serta peserta yang sudah ikut berpartisipasi dalam acara ini.(gb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *