Webinar HMPS MHU dengan Tema : PENGOLAHAN DATA PENELITIAN HAJI DAN UMRAH

          Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Haji dan Umroh, melaksanakan webinar dengan tema “Pengolahan Data Penelitian Haji dan Umroh menggunakan SPSS“. SPSS adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan analisis statistika tingkat lanjut, analisis data dengan algoritma machine learning, analisis string, serta analisis big data yang dapat diintegrasikan untuk membangun platform data analisis. SPSS adalah kependekan dari Statistical Package for the Social Sciences. Acara ini dilaksanakan pada Hari Senin 2 November 2020 yang lalu, pukul 08.00-10.30 WIB. Dengan narasumber Nur Ade Yani, M.Si. Dosen FEBI IAIN Bukittinggi.
Ketua HMPS MHU, Deni Ope Puspita dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan webinar ini, untuk menambah wawasan dan meningkatkan keilmuan mahasiswa Manajemen Haji dan Umroh khususnya, dan semua peserta webinar umumnya mengenai penggunaan SPSS sebagai alat untuk mengelola data penelitian.
          Hal ini senada dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua Prodi MHU, Zikra Wahyuni, SS., MIS., kegiatan ini tidak hanya mempermudah mahasiswa semester akhir untuk menyelesaikan penulisan skripsi namun juga bermanfaat bagi mahasiswa semester 1,3, dan 5. Semakin dini mereka mengenal dan mempelajari pengolahan data menggunakan SPSS, semakin baik bagi mereka. Sehingga nantinya jika mereka memulai untuk mengolah data dalam penulisan skripsi, mereka tidak gagap dan lancar dalam mengolah data yang berkaitan dengan penelitian mereka.
          Webinar ini dihadiri oleh lebih kurang 1080 peserta yang tersebar di berbagai perguruan tinggi, lembaga pendidikan, dan instansi-instansi pemerintah dari Sabang sampai Merauke. Peserta terdiri dari berbagai kalangan,mulai dari siswa, mahasiswa, guru, dosen, dan sebagainya. Ramainya partisipan karena isu yang diangkatkan oleh panitia memang apa yang dibutuhkan saat sekarang ini. Apalagi SPSS sebagai suatu sistem selalu berkembang dan dikembangkan dalam mempermudah pengolahan data untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, ungkap Dr. Iiz Izmuddin MA, Dekan FEBI menyambut kegiatan mahasiswaanya ini. Harapan Dekan ke depan kegiatan–kegiatan HMPS ini benar–benar meningkatkan soft skill mahasiswa sesuai dengan prodinya. Jangan hanya mencukupkan saja ilmu pengetahuan yang di dapatkan di bangku perkuliahan, tetapi perlu ditambahkan melalui organisasi-organisasi kemahasiswaan, agar jangan tertinggal kompetensi kesarjanaan dibandingkan alumni perguruan tinggi lainnya.(gb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *