“Menciptakan Kultur Budaya Akademik Agar Terciptanya Mahasiswa yang Religius, Kreatif, Inovatif, Serta Nasionalisme” HMPS Pariwisata Syariah, Menyambut Anggota Baru

          HMPS Pariwisata Syariah mengadakan kegiatan ramah tamah ilmiah Prodi Pariwisata Syariah yang dilaksanakan via zoom. Adapun tema kegiatan ini yaitu mengusung tema “Menciptakan Kultur Budaya Akademik Agar Terciptanya Mahasiswa yang Religius, Kreatif, Inovatif, Serta Nasionalisme”. Menurut M. Syuraih Ash Shiddiq, Ketua Umum HMPS Parsya, dalam sambutannya menyampaikan bahwa; Kegiatan ini merupakan pembekalan bagi mahasiswa baru Program Studi Pariwisata Syariah. Memperkenalkan sistem akademik dan pembelajaran yang menciptakan kultur budaya akademik, religius, kreatif, inovatif serta nasionalisme. Adapun maksud dan tujuan kami mengangkat acara tersebut untuk (1) membimbing, dan mengarahkan mahasiswa baru untuk mengenali dan memahami pendidikan di dunia Perguruan Tinggi. (2) Mengembangkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual mahasiswa. (3) memupuk semangat solidaritas dan toleransi di antara civitas akademik. (4) Memantapkan sikap dan mental mahasiswa baru. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu 31 Oktober 2020 yang lalu.
          Kurnia Alifa Rizki, Ketua Panitia dalam laporannya pada pembukaan acara menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan wujud pertanggungjawaban/ atau rasa sayang kepada adik-adiknya yang baru bergabung, kami ingin berbagi pengalaman, mudahan-mudahan arahan dan pengalaman kami dapat menjadi pedoman bagi peserta dalam menyelesaikan studinya di kampus kita ini. Acara ini di pandu oleh Kersy Novia, sebagai moderator.
          Amsah Hendri Doni, SE., ME sebagai Katua Prodi Pariwisata Syariah, memberikan arahan menekankan kepada pemahaman tentang visi, misi serta tujuan Prodi Pariwisata Syariah.
“Unggul dalam Pengembangan dan Penerapan Ilmu Prawisata Syariah pada Tahun 2025 di Tingkat Nasional“ merupakan Visi Prodi Parsya. Sedangkan yang jadi misinya;
1. Mempersiapkan sumber daya insani yang memiliki kemampuan dalam bidang pariwisata syariah;
2. Menyelengarakan proses pembelajaran yang terbaik dengan mnegedepankan nilai-nilai islami;
3. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait;
4. Melakukan penelitian dan pengembangan teori pariwisata syariah.

Hadir juga Cahya Agung Mulyana, ST. M.Ppar selaku Sekretaris Prodi Pariwisata Syariah. Acara pembukaan ini di tutup dengan doa dipimpin oleh Dandi Pujangga.
          Karena kondisi Covid untuk memperkenalkan Pimpinan FEBI dan Dosen-Dosen Prodi Pariwisata Syariah, mengunakan video, yang sudah disiapkan oleh panitia. Narasumber dalam kegiatan ini Siti Asriani Harahap, yang mempunyai banyak pengalaman berorganisasi, sebagai Sekretaris Umum HMPS Pariwisata Syariah pada tahun 2017-2018, serta berprestasi di bidang kepariwisataan, Runner Up II Duta Wisata Kab. Padang Lawas pada tahun 2016, dan Juara 1 Putri Pariwisata Kab. Padang Lawas, Top 10 Putri Pariwisata Prov. Sumatera Utara, dan menjadi Duta Pariwisata Syariah IAIN Bukittinggi pada tahun 2019.
          Nasar Hutagodang memimpin acara ini juga berbagi pengalaman mengenai keorganisasian Internal kampus maupun eksternal kampus. Serta memberikan pengalaman-pengalaman bagimana cara berprestasi dan mengikuti even menjadi Putera/Puteri Pariwisata tingkat Kota/Kabupaten serta di tingkat provinsi, serta memperkenalkan bagaimana atitude cara berpakaian bagi mahasiswi saat berada di kampus.
          Rofif Aziz Aufa selaku Duta Pariwisata Syariah 2019, sharing pengalaman menjadi santri di Ma’had al Jamiah IAIN Bukittinggi. Mulai dari kegiatan Tahfidz, Sholat berjama’ah, belajar berpidato, serta kuliah malam. Dan memberikan pengertian tentang atitude berpakaian bagi seorang pria di lingkungan kampus, yaitu salah satunya tidak memakai celana Jeans, berambut pendek, tidak memakai baju dengan bahan kaos dan lain-lain. Memberikan saran dan masukan mengenai bagaimana cara kita menjadi mahasiswa yang aktif, inovatif, religius, serta nasionalisme agar menjadi mahasiswa yang Modern namun tidak meninggalkan nilai-nilai budaya serta menjunjung tinggi nilai keislamannya. Kegiatan ini juga memilih kandidat King and Queen Of Prodi Pariwisata Syariah.(gb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *