FEBI – UTIPANDA IAIN Bukittinggi: Tingkatkan Kemampuan IT Dosen Melalui Bimtek E-Learning

          Sadar atau tidak, masa “new normal” menuntut perguruan tinggi untuk dapat merespons secara cepat dan tepat transformasi pembelajaran agar dapat menyesuaikan dengan kondisi pembelajaran yang mesti dilaksanakan melalui media elektronik (e-learning) baik secara singkron ataupun secara nir-sinkron. E-learning nir-sinkron dapat dilakukan secara dalam jaringan (daring) maupun secara luar jaringan (luring).  

          Memasuki tahun kedua, proses pembelajaran daring di FEBI, pelaksana akademik dituntut untuk senantiasa berbenah dalam berbagai hal dalam mengupayakan metode pembelajaran daring yang efektif, dan efisien. Bimbingan teknis e-learning diselenggarakan dalam upaya memperkuat komptensi dosen-dosen FEBI dalam melaksanakan Proses Belajar Mengajar Daring (PBMD) secara e-leraning dengan aplikasi internal yang sudah tersedia yaitu e-campus IAIN Bukittinggi, ungkap Hesi Eka Puteri, SE.M.Si selaku WD1 FEBI  yang bertindak sebagai moderator kegiatan ini.

          Kegiatan di buka oleh Dekan FEBI Dr. Iiz izmuddin, MA yang menekankan bahwa ; “Akselerasi pemanfaatan sistem informasi e-campus bagi dosen dan mahasiswa terus dilakukan seiring dengan peningkatan kualitas dan kapasitas server, pembenahan ini dilakukan dalam berbagai hal meliputi aspek administrasi berbasis IT pada bagian Pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian agar senantiasa mampu menjawab kebutuhan dosen dan mahasiswa yang jumlahnya senantisa meningkat dari tahun ke tahun. “

          Kegiatan Bimtek e-learning ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 17 Maret 2021 jam 14.00 sd 16.00 WIB, dengan melibatkan seluruh dosen  yang ada di lingkungan FEBI dengan jumlah 134 orang.

          Narasumber dalam kegiatan Bimtek e-learning ini adalah pihak U-TIPANDA (Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Pangkalan Data)  yang diwakili oleh Firdaus Annas S.Pd Kom, yang menekankan pentingnya bagi dosen untuk meningkatkan kemampuan melek IT dengan aplikasi e-campus dalam upaya mempermudah dosen dalam melaksanakan proses pembelajaran berbasis e-learning dan mempermudah dosen dalam menyelesaikan laporan PBM yang terintegrasi ke system. Peningkatan kompentensi e-learning ini juga akan sangat bermanfaat dalam menciptakan integrasi pertanggungjawaban dosen dan pelaksana akademik dalam proses Tri Dharma serta mempermudah upaya mempersiapkan akreditasi program studi. Melalui bimtek ini diharapkan dosen-dosen FEBI IAIN Bukittinggi dapat melaksanakan PBM secara optimal, efektif, efisien, dan bermutu sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. (gb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *