Webinar Ekspansi Bisnis Syariah “Melebarkan Sayap Bisnis Syariah dengan Melakukan Ekspansi yang Sukses di Era Society 5.0”

          Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Manajemen Bisnis Syariah Sabtu, 12 Juni 2021 melaksanakan webinar online melalui zoom meeting dengan thema “Melebarkan Sayap Bisnis Syariah dengan Melakukan Ekspansi yang Sukser di Era Society 5.0”. Nasumbernya Reni Febrina.SE.,MM (dosen FEBI IAIN Bukittinggi) dan Rahmi Gusniarti (Direktur Utama CV Gemintang Management). Partisipannya tidak saja mahasiswa Prodi Manajemen Bisnis Syariah, tetapi juga terbuka untuk umum.
Hafis Yunaldi selaku Ketua HMPS Manajemen Bisnis Syariah menyampaikan tujuan webinar ini dilakukan agar mahasiswa dalam mengembangkan bisnis agar lebih berpatokan kepada bisnis syariah terutama mahasiswa MBS dan mahasiswa IAIN Bukittinggi pada umumnya dengan melihat perkembangan era society 5.0 sekarang.

          Acara ini dibuka langsung oleh Ketua Prodi Manajemen Bisnis Syariah Yenty Astarie Dewi, SE, Akt,MM. yang merupakan Pembina HMPS MBS. Beliau mendukung penuh acara ini karena sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan tentu materi yang disampaikan bisa menambah wawasan mahasiswa mengenai bisnis yang nantinya akan berpengaruh terhadap kualitas tenaga kerja yang kreatif dan bisa memanfaatkan peluang yang ada di era ini. Dan Ka.prodi manajemen Bisnis Syariah berharap webinar ini menghasilkan outcome dan output bagi peserta.
          Reni Febrina.SE.,MM menyampaiakan bahwa “Peran mahasiswa dalam memperluas bisnis di era society 5.0 dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era revolusi industri”. Beliau menyampaikan dari awal perkembangan revolusi industri sampai dengan era society 5.0. Di masa sekarang ini fokus kepada kombinasi pemberdayaan manusia, teknologi, dan data. Jadi kesejahteraan masyarakat bisa lebih terasa daripada hanya berbicara mengenai teknologi saja. Mahasiswa sebagai intelektual harus bisa menjadi agen exchange tidak hanya perlu memahami teori saja tetapi juga ruangan untuk praktek dan harus lebih kreatif dalam memanfaatkan ecommerce, dan menciptakan peluang usaha. Beliau juga menambahkan dalam sesi tanya jawab di zaman yang serba canggih sekarang kita jangan sampai diperdaya oleh teknologi.
          Rahmi Gusniarti, menjelaskan bahwa “Membangun bisnis transformasi kreatif dengan memanfaatkan e-commerce di Indonesia”. Beliau menyampaikan untuk memulai usaha tidak perlu modal yang besar, cukup niatkan dari hati, kuatkan mental, memiliki keinginan yang kuat dan tekad dalam mencapai tujuan dan cita-cita usaha. Dalam menjalankan usaha perlu kita perlu merubah minset diantaranya keluar dari zona nyaman, jeli dalam melihat peluang, menghindari NATO no action talk only, dan menjadikan hidup sebagai pembelajaran. Untuk mempertahankan bisnis perlu melakukan riset, bernegosiasi, menguatkan rencana bisnis, menciptakan pasar, dan membangun branding serta mengambil hati pelanggan dengan memberikan pelayanan yang memuaskan tentu hal itu akan berdampak positif terhadap usaha kita. Dan beliau juga menyampaikan perlunya untuk berikhtiar kepada Allah SWT dan dalam berbisnis harus siap dengan konsekuensi yang ada.
          Di sesi tanya jawab dan bagi peserta yang aktif bertanya diberi reward tentu hal ini semakin membuat peserta webinar antusias dalam mengikuti jalannya webinar.
          Dekan FEBI, memberi apresiasi terhadap kegiatan HMPS MBS ini, karena kegiatan ini merupakan bagian dari soft skill yang harus dimiliki oleh mahasiswa MBS, perluasan wawasan untuk menatap masa depan, ungkap Dr. Iiz Izmuddin, MA, sambil tersenyum manis, menandakan kebanggaannya terhadap kegiatan mahaiswa ini.(gb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *