“PERBANKAN SYARIAH MENGAJI (PEJI)” Program Ramadhan HMPS Perbankan Syariah

          Menghabiskan waktu berpuasa dirumah saja tidak akan terasa membosankan apabila kita memiliki beragam kegiatan menarik untuk dilakukan. Terlebih lagi di era digital seperti sekarang, ketika perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mengubah berbagai hal menjadi lebih praktis.

          Di era digital saat ini, stay at home bukan lagi halangan untuk melakukan aktivitas dan menghibur diri dengan yang bermanfaat tentunya di butuhkan dukungan dari jaringan yang stabil sehingga kegiatan online tidak terganggu.

          Anjuran stay at home membuat kegiatan diluar rumah menjadi terbatas. Tentu akan membosankan kalau harus menunggu momentum buka puasa hanya dengan bermalas-malasan. Supaya puasa di rumah terasa menyenangkan, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Perbankan Syariah menyelenggarakan agenda yang bernama PEJI (Perbankan Syariah Mengaji), ungkap Anisa Rahman KETUM HMPS Perbankan Syariah ketika menyampaikan sambutan untuk pemebukaan acara ini. Ini merupakan salah satu progam kerja Departemen Agama yang di Ketuai oleh Sdr Fakhrul Fakhrezi.

          Menurut Fakhrul Fakhrezi dalam laporannya HMPS PS Mulanya menyelenggarakan PEJI ini lingkup mahasiswa Perbankan Syariah. Namun, urung karena pandemi covid-19 kami mengajukan ide agar PEJI tetap dilakukan secara online dengan konsep peserta mengaji di rumah masing-masing. Ide ini menarik sehingga banyak yang ingin bergabung.

          Meskipun internet menjadi tantangan utama, niat untuk mengisi bulan suci Ramadhan dengan rangkaian ibadah tetap diupayakan. Pandemi covid-19 membuat beberapa tempat ibadah ‘dikosongkan’ dari kegiatan. Oleh sebab itu, kami menghadirkan PEJI online yang bisa disaksikan publik menjadi salah satu alternatif di masa-masa ini. Kegiatan yang di buka pada 19 April itu berlangsung hingga 11 Mei 2021 yang dilaksanakan setiap hari di buLan suci Ramadhan. Acara dilangsungkan mulai Senin pukul 16.00 WIB dengan pembukaan oleh pembawa acara. Dilanjutkan dengan tilawah oleh beberapa peserta PEJI yang di lantunkan dengan merdu. Tilawah pembukaan pada acara ini terbilang inovatif, sebab dilakukan oleh 15 orang sekaligus dengan ketentuan 10 ayat setiap peserta dengan pembacaan tilawah di kirim melalui voice note (VN).
          Ketua Prodi Perbankan Syariah, menyambut hangat ide kreatif mahasiswa binaannya, memanfaatkan situasi dan kondisi yang ada, tidak rotan akarpun jadi, ungkapnya, sambil mengacungkan jempol memberikan apresiasi terhadap kegiatan HMPS ini, semoga menjadi tradisi bagi pengurus HMPS berikutnya harapan Sandra Dewi SE. MM. yang sedang menyelesaikan studi S3 nya ini di Universitas Andalas Padang.
          Dekan FEBI, juga menyambut hangat kegiatan HMPS PS ini, mereka tidak saja mengembangkan skil di bidang perbankan syariah saja, tetapi punya kepedulian, terhadap lingkungan, bulan Ramadhan bulan ibadah. Ini hebatnya HMPS PS ini, mengambil manfaat dari kondisi yang ada. Salam sukses buat HMPS-HMPS di lingan FEBI ungkap Dr. Iiz Izmuddin MA. mengakhiri apresiasinya.(gb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *