DEKAN FEBI MENANDATANGANI MOU DENGAN RUMAH MANASIK HIJRAH MUSLIM CENTER

          Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bukittinggi dan Rumah Manasik Hijrah Muslim Center Payakumbuh menyepakati rencana aksi bersama sebagai bentuk implementasi MoU di bidang pendidikan dan pengajaran. Kerjasama tersebut disepakati di Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam pada hari Selasa, 15 Juni 2021.
Kerjasama tersebut meliputi:
1. Pengembangan pendidikan dan pelatihan Manajemen Haji dan Umroh baik bagi dosen maupun mahasiswa Program Studi Manajemen Haji dan Umroh.
2. Narasumber dalam seminar atau kuliah tamu, baik untuk dosen maupun mahasiswa Program Studi Manajemen Haji dan Umroh.
3. Memfasilitasi pelaksanan magang, penelitian dan pengabdian baik bagi dosen maupun mahasiswa Program Studi Manajemen Haji dan Umroh.
4. Kerjasama pengembangan tri dharma perguruan tinggi dan bidang lainnya (mempersiapkan calon tenaga kerja di bidang pelayanan haji dan umroh, bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Bukittinggi, sesuai dengan kesepakatan bersama
          Direktur Hijrah Muslim Center (HMC), Ustadz H. Afri Eki Rizal, MM menyampaikan bahwa tujuan dan sasaran Rumah Manasik Haji dari Hijrah Muslim Center adalah menyelenggarakan kajian manasik yang terkurikulum sebagai ikhtiar mempersiapkan calon jama’ah haji dan umroh dalam memenuhi undangan Allah, dengan ilmu yang syar’i, pemaknaan ibadah serta pengetahuan dan skill yang komprehensif agar tercipta jamaah mandiri yang beribadah maksimal dalam menggapai mabrur.
          Sejalan dengan hal ini, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bukittinggi, Dr. Iiz Izmuddin, MA juga menyampaikan bahwa tujuan dan sasaran dari Rumah Manasik Haji Hijrah Muslim Center ini sangat sesuai dengan salah satu Profil Lulusan Program Studi Manajemen Haji dan Umroh, yaitu menjadi pembimbing atau petugas haji dan umroh. Dalam usaha mencapai profil ini, Program Studi Manajemen Haji dan Umroh telah memasukkan Manasik Haji dan Umroh ke dalam kurikulum pendidikannya.
          Dengan ditandatanganinya kesepakatan ini, Wakil Dekan Bagian Kerjasama dan Kemahasiswaan, Gusril Basir, SH., M.Hum yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan harapan-harapan semoga kedua belah pihak dapat berkomitmen bersama-sama dalam mengimplementasikan kerjasama ini ke dalam bentuk kerja nyata atau action.
          Demikian juga harapan Ketua Program Studi Manajemen Haji dan Umrah, Zikrawahyuni, SS.MIS. dengan MoU ini membantu sekali bagi mahasiswanya untuk belajar teori sekaligus prakteknya, karena Rumah Manasik Haji Hijrah Muslim Center, menerima mahasiswa MHU untuk magang dan lain-lain kegiatan, yang intinya memperkaya wawasan sekaligus pengalaman praktek. Alumni siap untuk turun ke lapangan menjadi pembimbing umrah dan haji nantinya.(GB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *