“Meningkatkan Pemahaman dalam Berorganisasi Menuju Kompetensi Organisasi Mahasiswa yang Profesional & Berkualitas” Thema Upgrading HMPS Parsya

          Sabtu, 12 Juni 2021, HMPS Pariwisata Syariah melaksanakan Upgrading Skill via zoom. Dengan tema “Meningkatkan Pemahaman dalam Berorganisasi Menuju Kompetensi Organisasi Mahasiswa yang Profesional & Berkualitas”. Kegiatan ini merupakan acara pembekalan mengenai pemahaman organisasi. Adapun maksud dan tujuan mengangkatkan acara tersebut untuk (1) meningkatkan pemahaman dan skill mahasiswa dalam berorganisasi serta bisa bersaing dan juga berperan aktif dalam dunia organisasi sehingga menciptakan mahasiswa yang profesional dan berkualitas (2) bertujuan untuk meningkatkan keakraban dan meningkatkan kekompakan serta solidaritas antar pengurus untuk menjalankan kepengurusan dalam suatu organisasi. Ungkap Muhammad Nur Cholis dalam kata sambutan selaku Ketua Umum HMPS PARSYA,
          Amsah Hendri Doni, SE., ME selaku Ka. Prodi Pariwisata Syariah dalam arahannya ketika membuka acara dengan resmi. Menyampaikan bahwa; “sebagai pembina HMPS mengapresiasi acara ini, di harap acara ini dapat diikuti oleh Mahasiswa Prodi Pariwisata Syariah dari semester 2-6 yang akan memberikan pengalaman atau wawasan mereka mengenai Organisasi, dan semoga dengan adanya ini, mahasiswa PARSYA yang bergabung dalam organisasi HMPS lebih mengenal kegiatan di lingkungan kampus”. Jelas Amsah yang sedang menyelesaikan Studi S3 nya di Universitas Andalas Padang.

          Pemareri pertama dalam kegiatan ini adalah Muhammad Irwansyah Putra, SE menyampaikan materi mengenai Kerja sama, Kepemimpinan, Manajemen, dan Organisasi.

          Sedangkan pemateri yang kedua Isra Fauzan, yang mempunyai jabatan di beberapa organisasi. Serta mempunyai segudang prestasi, yaitu Bachelor of Economics Padang State University (2019), more than 6 years Experience in World of Volunteerism (2014-sekarang), certified of Experiental Learning Facilitator Competence (AELI, 2020), alumni of 19th National Character Building and Leadership Training bg (FIM) Forum Indonesia Muda, alumni of Indonesian Youth Jamboree (JPI) 2017 by kemenpora RI, lead of FIM Bukittinggi (2020-sekarang). Kemudian pemateri memberikan pengalaman atau materi mengenai Penerapan Nilai Organisasi dalam Masyarakat di dalam suatu organisasi. Salah satu kesimpulan dari materi yang sudah di sampaikan yaitu, ada 4 aspek bagaimana suatu organisasi itu dapat berdampak ke pada masyarakat. Yang pertama, pahami apa arti dari kelompok/organisasi itu sendiri, yang kedua dapat menyesuaikan diri dengan pelajaran ataupun lingkungan yang baru, yang ketiga proses pembentukan norma dan meningkatkan proses kepercayaan diri. Yang keempat yaitu dapat memberikan feedback, pembentukan kelompok, dan dapat menangani konflik.
          Pemateri ketiga Drs. Genta Sakti MA. Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Menyampaikan materi mengenai Kampus dan Mahasiswa. Intinya bahwa, hubungan antara kampus dan mahasiswa saling membutuhkan. ibaratkan ikan dengan air. Kampus merupakan tempat mengembangkan diri kita di dalam organisasi yang nantinya akan bermanfaat di dalam masyarakat, kemudian mempersiapkan diri untuk dapat mengeskplore setelah keluar dari kampus.
          Acara Upgrading ini dimulai dari jam 08.00 selesai jam 14.00 di Pandu oleh Febrina Harlian, dan Fajri selaku Ketua Panitia turut memberikan kata sambutan sebelum acara di buka resmi, Acara di tutup dengan doa yang dibawakan oleh Dandi Pujangga.(gb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *