Launching SEHATI (Sertifikat Halal Gratis) untuk UMK Oleh Menteri Agama RI

          Rabu/8 September 2021, Dr. Rusyaida D., M.Ag., wakil Dekan II FEBI mewakili IAIN Bukittingi menghadiri undangan BPJPH untuk mengikuti acara Peluncuran Sertifikat Halal Gratis (SEHATI) oleh Menteri Agama yang diselenggarakan secara online oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Acara ini dihadiri oleh 1000 peserta yang terdiri dari Kementerian Pariwisata, Kesehatan, dan Agama, Para Gubernur, Perwakilan PTKIN, dan perwakilan pelaku UMK seluruh Indonesia. Acara dibuka oleh Menteri Agama RI sekaligus peresmian SEHATI BPJPH.

          SEHATI adalah Sertifikat Halal Gratis bagi UMK (Usaha Mikro Kecil) di seluruh Indonesia dengan target ada 15.000 UMK yang bisa memiliki Serifikat Halal dari 3000 UMK yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi SEHATI ini bertujuan agar terwujud kompetisi produk Halal sebagai langkah bagi Indonesia unggul di mata dunia dan menuju Indonesia menjadi Halal Center dengan harapan Halal Indonesia untuk masyarakat dunia.

          Ketua BPJPH Dr. Mastuki juga menyampaikan Program SEHATI adalah jaminan kehalalan merupakan hal yang sangat penting dalam rangka memudahkan pelaku usaha UMK mendapatkan Sertifikat Halal.  Sehati difasilitasi dan disubsidi oleh pemerintah untuk mendapatkannya secara gratis yang bertujuan meningkatkan daya saing UMK untuk lebih berkualitas dan Higienis.

          Menteri Agama: Yaqut Khalil Qaumas sangat mengapresiasi dan mensupport SEHATI. SEHATI merupakan bentuk afirmasi pemerintah karena jaminan kehalalan sangat penting menjadi produk yang berdaya saing, untuk kebangkitan UMK karena sebagian masih lesu, UMK lebih syar’i dan higienis agar mampu menembus pasar global. Untuk itu maka untuk serifikat dipermudah, dipercepat mendapatkannya oleh pelaku usaha UMK. Ada 3 prinsip program SEHATI ini : Debirokrasi (tidak berbelit belit), Desentralisasi (tidak harus semua urusan terpusat) dan Digitalisasi (mempergunakan teknologi informasi ) .

          Terakhir diikuti oleh testimoni dan penyerahan Sertifikat Halal Gratis (SEHATI) untuk pelaku UMK serta peluncurannya SEHATI oleh Menteri Agama dengan menekan tombol. (Tim Redaksi FEBI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *