Webinar Penulisan Karya Ilmiah Selingkup Prodi di FEBI

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam mengadakan Webinar penulisan karya ilmiah selingkup prodi FEBI IAIN Bukittinggi , Selasa 31 Mei 2022. Kegiatan ini dilaksanakan melalui platform zoom meeting dengan peserta para dosen, mahasiswa pascasarjana dan mahasiswa S1 semester akhir. Diharapkan dengan diadakannya acara ini  dapat membantu para mahasiswa dalam menulis karya tulis ilmiah secara baik dan para dosen untuk sampai kepada penulisan jurnal internasional.

Sesi diawali terlebih dahulu dengan sambutan dan sekaligus pembukaan oleh dekan FEBI IAIN Bukittinggi yaitu Dr.Iiz Izmuddin, M.A. Beliau menyampaikan bahwa Webinar ini sangat bermanfaat sekali dan menambah wawasan para dosen dan mahasiswa nantinya dalam menulis jurnal, maka ambil ilmunya dan bertanyalah bila ada yang belum dipahami.

Dalam acara webinar ini mengundang narasumber yang pakar dan sudah banyak menulis jurnal internasional yang diterbitkan semenjak 2015 yaitu bapak Dr. Perengki susanto, S.E., M.Sc Kepala Departemen Manajemen FEKON UNP dan dimoderatori oleh Dr. Rusyaida D, M.Ag Wakil Dekan II FEBI IAIN Bukittinggi yang memandu acara dengan baik.

Pada presentasi materinya oleh narasumber Dr. Perengki susanto, S.E M.Sc menjelaskan bagaimana cara mempersiapkan manuskrip untuk jurnal internasional baik,  yaitu:

  1. Pikirkan mengapa Anda ingin mempublikasikan pekerjaan anda dan apakah itu diterbitkan
  2. Jelaskan jenis manuskrip yang akan ditulis
  3. Memilih target jurnal
  4. Perhatikan persyaratan jurnal dalam panduan untuk penulis
  5. Perhatikan struktur kertasnya
  6. Memahami etika publikasi untuk menghindari pelanggaran

Selain itu carilah trending topic  yang sedang terjadi di kalangan masyarakat. Ajaklah teman-teman untuk menulis jurnal internasional agar hasilnya lebih baik dibandingkan dengan jika bekerja sendiri sebagai penutup dari Bapak Dr. Perengki susanto, S.E M.Sc. (Tim redaksi FEBI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *