Webinar Integrasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ke dalam Pembelajaran FEBI IAIN Bukittinggi

Dalam mendukung Tridarma Perguruan Tinggi bagi para dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Bukittinggi dan Penilaian Akreditasi maka FEBI IAIN Bukittinggi mengadakan mengadakan webinar dengan tema “Integrasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat kedalam pembelajaran Selingkup Prodi FEBI IAIN Bukittinggi” pada hari Rabu tanggal 08 Juni 2022 melalui platform zoom meeting. Kegiatan ini diharapkan agar dosen FEBI IAIN dapat mengintegrasikan antara penelitian dan pengabdian masyarakat kedalam proses pembelajaran dikelas.

Adapun kegiatan webinar ini bukan saja dihadiri oleh dosen-dosen yang berasal dari  FEBI, akan tetapi dosen-dosen yang berasal dari luar FEBI juga mengikuti kegiatan ini. Kegiatan webinar ini penting karena mengintegrasikan antara penelitian dan pengabdian masyarakat dengan pengajaran di kelas bukan hal yang mudah kata salah seorang peserta webinar tersebut.

Dekan FEBI IAIN Bukittinggi Bapak Dr. Iiz Izmuddin, M.A memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut. Beliau menyampaikan bahwa tiga tugas pokok dosen yang tercantum di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi harus selalu dilaksanakan, yakni tugas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Beliau juga mengucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang terkait dalam penyelenggaraan webinar ini.

Wakil Rektor I IAIN Bukittinggi , Bapak  Dr. ASYARI S.Ag., M.Si ikut hadir dan memberikan sambutan sekaligus membuka acara webinar tersebut. Beliau menyampaikan bahwa megintegrasikan penelitian dan pengabdian masyarakat ke dalam pembelajaran di kelas adalah tugas dosen untuk tridarma perguruan tinggi. Tridarma perguruan tinggi sudah melekat dalam proses akreditasi sehingga harus berjalan bersama-sama.

Kegiatan ini mengundang narasumber Bapak Dr. Muhammad Fakhri Husaini, M.Si Ketua LPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Beliau menjelaskan bahwa penting bagi setiap dosen untuk memiliki Roadmap penelitian sehingga perlu dilengkapi dengan menyusunnya. Roadmap atau peta jalan penelitian tersebut memiliki pengaruh yang besar dalam mendukung kesuksesan suatu penelitian atau membantu dosen melaksanakan penelitian secara terstruktur.  Acara webinar integrasi ini dipandu oleh moderator yaitu Ibu Dr. Hesi Eka Puteri, S.E., M.Si.  Wakil Dekan I FEBI IAIN Bukittinggi. Beliau memandu acara dengan baik sampai dengan acara webinar selesai dan berharap akan ada implementasi dari kegiatan terkait dalam memenuhi akreditasi program studi serta peningkatan kualitas PBM di lingkungan FEBI IAIN Bukittinggi. (Tim Redaksi FEBI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *