Asesmen Lapangan (AL) Daring Program Studi Ekonomi Islam Berjalan lancar

           Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (pendidikan tinggi) oleh pihak di luar lembaga yang independen, dalam hal ini adalan Badan Akreditasi Nasional Perguruan TInggi (BAN-PT). Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja.

           Akreditasi  Perguruan Tinggi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi institusi dilakukan oleh team asesor yang terdiri atas pakar yang memahami hakikat pengelolaan perguruan tinggi.

           Landasan dari akreditasi sebuah intitusi pendidikan yakni Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Pasal 60 dan 61). Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen (Pasal 47) Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Pasal 86,87, dan 88). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 28 Tahun 2005 tentang Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

           Asesmen lapangan dengan sistem daring Prodi Ekonomi Islam dilaksanakan tanggal 7 dan 8 Desember 2020, oleh asesor Dr. Syaugi, MA dari UIN Banjarmasin dan Dr. Isnaini Harahap dari UIN Sumanera Utara Medan.

           Rektor IAIN Bukittinggi pada acara pembukaan acara menyampaikan bahwa borang yang di kirimkan ke BAN PT  sudah maksimal, bagaimana nanti dalam pelaksanaa asesmen lapangan ini, pihak prodi dan fakultas dapat membuktikan kebenaran isi borang dengan bukti-bukti yang sudah dipersiapkan juga secara maksimal, oleh karena itu Dr. Ridha Ahida M.Hum mengharapkan kerja sama diantara tim akreditasi untuk mampu menunjukkan bukti-bukti itu untuk meyakinkan pihak asesor, untuk memperoleh nilai yang maksimal juga, ungkap Rektor dengan melempar  senyum yang optimis kepada asesor dan para undangan di acara pembukaan tersebut. Turut hadir juga Wakil-Wakil Rektor, Dekan-Dekan, Direktur Pascasarjana, Wakil-Wakil Dekan, Kabag dan Kasubag, serta ketua lembaga dan kepala-kepala unit di lingkungan IAIN Bukittinggi.  

           Dekan Fakulats Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dalam sepatah kata nya, mengucapkan terima kasih kepada asesor, para undangan dan juga kepada tim akreditasi Ekonomi Islam, yang tidak pernah kenal lelah mempersiapkan segala sesuatu demi kesuksesan asesmen lapangan ini, berkorban waktu, tenaga dan pemikiran, demi memperoleh nilai unggul, karena sebalumnya Prodi Ekonomi Islam sudah memperoleh nilai B, tentu sekarang sudah sangat layak memperoleh nilai Unggul atau A, saat sekarang ini,  unggap Dr. Iiz Izmuddin MA mengakhiri sambutannya dengan penuh optimis.(gb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *