“Menumbuh Kembangkan Jiwa Jiwa Enterpreniurs Dan Menjadi Enterpreneurs Muda Untuk Kemajuan Perekonomian Indonesia di Era 4.0”. Thema Seminar Nasional HMPS EI

          Minggu, 13 Juni 2021 Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam (HMPS EI) IAIN Bukittinggi mengadakan acara Seminar Nasional yang bertema “Menumbuh Kembangkan Jiwa-Jiwa Enterpreniurs Dan Menjadi Enterpreneurs Muda Untuk Kemajuan Perekonomian Indonesia di Era 4.0”. Seminar nasional ini di hadiri oleh berbagai asal mahasiswa dari perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Jumlah peserta pada acara Seminar Nasional ini terdiri 500 orang. Untuk pematerinya HMPS EI mengundang dua orang pemateri. Pemateri pertama Yoko Januari S.Pd adalah seorang online preneur dan pemateri kedua Yanis Okta Reza, SE,M.Si yang mana beliau merupakan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bukittinggi.
Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh MC, kemudian pembacaan Al – quran dan saritilawah, dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan berlanjut dengan kata sambutan oleh Ketua Panitia Seminar Nasional dan Ketua Umum HMPS EI.
         Dekan FEBI menyambut gembira kegiatan yang dilaksanakan HMPE EI ini karena mahasiswa mampu membaca apa yang menjadi kebutuhanya ke depan, mempersiapkan diri untuk menyongsong masa depan sesuai dengan prodi yang digelutinya, semoga materi ini memberikan motivasi yang luar biasa bagi peserta seminar, ungkap Dr. Iiz Izmudin,MA. Ketika memberikan arahan dan sekaligus membuka acara ini dengan resmi.
          Rini Elfira,SE.M.Si, juga memberikan sambutan atas kegiatan mahasiswa binaannya ini, sebab thema kegiatannya sangat sesuai dengan perkembangan dan menjadi kebutuhan mahasiswa Ekonomi Islam sekarang dan yang akan datang. Themanya juga membuka wawasan dan pehaman terhadap mahasiswa Ekonomi Islam yang memang di anjurkan untuk menjadi entrepreneur handal yang mampu meningkatkan perekonomian Indonesia.
         Yoko Januari, mengatakan bahwa ada beberapa tips untuk jadi pengusaha, yaitu adanya niat dan keyakinan di dalam diri, ada nya impian dan sikap yang baik, kita juga harus mempelajari kisah sukses orang lain, adanya modal dan kerja keras, serta fokus dan konsisten, dan mulailah melakukan bisnis tersebut sekarang juga, tanpa harus menunda nunda. Beliau juga menyampaikan bahwa kita semua bisa jadi pengusaha jika kita mempunyai impian dan ingin berjuang, dan jangan ragu untuk memulai bisnis dan fokus pada pengembangan diri.
Sedangkan Yanis Okta Reza, menyampaikan bahwa kita harus menjadi enterpreneur untuk masa sekarang ini, dan kita juga harus mengenal dimana zaman kita hidup saat sekarang ini, dan kita juga harus bekerja keras. Beliau juga mengatakan bahwa untuk menjadi seorang enterpreneur yang pertama yang harus kita lakukan adalah perbaiki minset kita, kemudian berdoa, berusaha untuk mewujudkannya dan jangan takut untuk gagal.
         Kemudian di akhir acara Seminar Nasional ini juga mengadakan game kahoot yang membuat para peserta antusias dan bersemangat untuk menjadi pemenang dalam game ini. Yang mana game kahoot ini berisi pertanyaan mengenai materi yang di sampaikan oleh kedua pemateri dan selingkup Ekonomi Islam.(gb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *