Pembekalan Program Wirausaha Mahasiswa

Pembekalan Program Wirausaha Mahasiswa

Program Wirausaha Mahasiswa (PWM) merupakan kegiatan  kuliah  lapangan, kegiatan  wajib diikuti oleh mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam,  sebab inti dari kewiraausahaan adalah memampuan untuk  menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda  melalui berfikir kreatif dan bertindak inovatif untuk menciptakan peluang.

Rini Elfira, SE, .MM. dalam kata sambutannya selaku Ketua Program Studi Ekonomi Islam menjelaskan Tujuan PWM ;

  1. Untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam berusaha;
  2. Membentuk sikap calon wirausahawan yang professional;
  3. Membimbing mahasiswa kearah terbentuknya profesionalisme Sarjana Ekonomi Islam yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai islam dalam berusaha.

Acara pembekalan ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 5 Agustus 2019 bertempat di gedung Student Center IAIN Bukittinggi yang diikuti oleh 276 mhs. Mereka dibagi atas 17 kelompok, yang masing-masing kelompok terdiri dari 16/17 orang. Mereka akan disebarkan diberbagai daerah di Sumatera Barat dengan berbagai jenis kegiatan wirausaha, yang sudah mereka rancang dan nanti tinggal melaksanakan. Masing-masing kelompok akan dibimbing oleh Dosen Pamong. Pada pembekalan ini ada dua narasumber;

  1. Yunis Okta Reza , SE, M.Sc. dengan materi Motivasi dan Master Plan PWM yang akan digeluti mahasiswa, Bagan Quadran Mapping Usaha, Bisnis Plan.
  2. Rusyaida M.ag, dengan materi, Mengali Peluang dan Tantangan dalam Mengembangkan Bisnis Syariah.

demikian laporan Abdul Aziz, S.Ag., M.HI. sebagai sekretaris panitia pada pembekalan ini.

Dr. iiz Izmudin, MA.,  sebagai Dekan FEBI dalam arahan pada pembukaan mengingatkan kepada mahasiswanya;

  1. Jaga attitude kepada Allah, jangan sekali-kali meninggalkan sholat. Attitude kepada lingkungan, jaga harmonisasi dengan siapapun dan kapanpun.
  2. Istiqamah dalam menjalankan program, niat yang ikhlas dan bersinergi satu dengan yang lainnya.
  3. PWM sekarang merupakan pola yang terakhir, insyallah 2020 magang ke perusahaan besar berskala nasional dan internasional.   

begitu pesan dari Dekan FEBI tersebut. (GB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *