“Jadikan Keteladanan Nabi Muhammad SAW Sebagai Motivasi Perjuangan Menjadi Pribadi yang Berakhlakul Karimah” Tema Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW HMPS Perbankan Syariah

          HMPS S1 Pebankan Syariah memperingati hari Maulid Nabi Muhammad SAW dengan mengadakan Kajian Virtual pada hari Minggu tanggal 1 November 2020 yang lalu. Pelaksanaannya menggunakan aplikasi Zoom Meeting, dengan tema “Jadikan Keteladanan Nabi Muhammad SAW Sebagai Motivasi Perjuangan Menjadi Pribadi yang Berakhlakul Karimah” . Peserta kajian virtual ini terdiri dari mahasiswa dan terbuka untuk umum, yang diikuti oleh 100 lebih peserta.
          Menurut Ketua Panitia Muhammad Marjan, dalam kesempatan memperingati acara Maulid Nabi hendaknya kita niatkan sebagai ungkapan syukur atas anugerah Allah SWT. yang telah menunjukkan jalan keselamatan bagi kita melalui Muhammad SAW serta hendaklah kita niatkan sebagai penghormatan dan kecintaan terhadap beliau.
          Ketua Umum HMPS PS S1 Rais Malik dalam sambutannya menyampaikan bahwa Acara Maulid Nabi Muhammad adalah salah satu cara umat muslim dalam mengingat hari kelahiran Nabi yang paling mulia, untuk itu kita harus meneladani sifat dari Rasulullah SAW tersebut agar kelak hidup kita benar-benar mendapatkan syafaat dari beliau.
          Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Prodi Sandra Dewi, SE, MM, dalam arahannya mengatakan bahwa acara ini merupakan agenda tahunan HMPS, harus ditingkatkan dan dipertahanakan karena sudah menjadi salah satu icon HMPS Perbankan Syariah, kegiatan ini memberikan makna sangat dalam, menyegarkan kembali bagaimana Rasulullah berkata dan berbuat untuk menjadi suri tauladan bagi kita. Kita perlu me-upgrade setiap tahun, fungsinya untuk mengingkatkan kembali, mengembangkan dan mengaplikasikan sunah-sunah beliau sebagai harta kekayaan yang bernilai tinggi.
          Selanjutnya pemateri Mauliddin, S.SY, M,SY merupakan dosen IAIN BUKITTINGGI yang memberikan tausiah tentang kisah-kisah Rasulullah SAW. Nabi Muhammad SAW adalah makhluk yang paling mulia sampai Abu Jahal saja merasa senang atas kelahiran Nabi. Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi Muhammad SAW. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini diperingati setiap tahun pada tanggal 12 Rabi’ul Awal yang merupakan hari lahir Nabi Muhammad. Sekitar ribuan tahun lalu, sosok bayi yang mulia lahir ke dunia. Sang Ayah Abdullah bin Abdul Muthalib, menamai putra yang dilahirkan sang istri, Aminah, itu Muhammad. Lahirnya bayi yang kemudian menjadi Nabi ini merupakan momentum yang disambut penuh keceriaan oleh umat Islam sedunia. Mereka pun memperingati hari Maulid Nabi Muhammad SAW dengan caranya masing-masing, biasanya diisi ceramah, pembacaan ayat suci Alquran, lomba-lomba dalam tema keislaman, serta pemberian hadiah. Hingga saat ini, peringatan Maulid Nabi tetap digelar di sejumlah negara. Bahkan di Irak dan Mesir, peringatan ini digelar dengan sangat meriah dalam bentuk festival.
          Umat Islam di Indonesia sendiri hingga saat ini terus menggelar perayaan Maulid Nabi. Ini karena Maulid Nabi adalah momentum untuk terus meningkatkan kecintaan kepada Rasulullah Muhammad SAW, Nabi Akhir Zaman. Untuk itu kita harus menghidupkan sunnahnya dan sering-sering bershalawat atas Nabi. Allahumma shalli ‘ala Muhammad.
          Pada acara Maulid Nabi Muahmmad Tahun 2020 ini yang menjadi SC Rayzul Hawari, Ketua Panitia Muhammad Marjan, sedangkan Sekretarisnya Rika Satria.(gb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *